RSS

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR DENGAN SISTEM SIRKULASI, MUNGKINKAH ? PART 1

24 Jul

Artikel ini dialihkan ke blog saya yang terbaru Rantaupos.com. Untuk melihatnya klik ini

 
102 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 24, 2013 in Sharing Info

 

Tag: ,

102 responses to “PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR DENGAN SISTEM SIRKULASI, MUNGKINKAH ? PART 1

  1. avrian p

    Juli 24, 2013 at 6:18 pm

    Ya ga mungkin lah mas kalo sistem tertutup kemudian ada energi yang dialirkan keluar. Artinya energi total sistem akan berkurang dong.. Melawan hukum kekekalan energi. Pasti ada energi yang terbuang dalam bentuk panas, melalui gesekan.. Kabel yang dilalui listrik pun terasa hangat kan? Artinya ada energi yang terbuang.. Menurut saya lebih baik dikembangkan generator yang efisien dan sistem pengelola kelistrikan yang memadai, lantas sumber energinya adalah air mengalir. Walaupun kecil, mikrohidro, tetap bisa kontinyu arus listriknya. Pd dasarnya generator kan alat konversi energi kinetik air ke energi listrik. Intinya tidak ada yang gratis di dunia ini. Itu saja.

     
    • meitanteiamiterasu

      Juli 25, 2013 at 1:46 pm

      jadi tidak mungkin ya mas sistem
      ini bisa berhasil..? Tadi kami
      sudah tes lagi dengan
      memperkecil lubang nozzle
      keluaran air dalam tanki, dan
      memperbanyak sekat pada kincir,
      putarannya semakin cepat. kami
      mencoba menghidupkan gerinda
      yang lebih besar. gerinda hidup
      dan ketika gerindanya dihidupkan
      lampu philip hidup berkedip kedip,
      akan tetapi putaran kincir juga ikut
      melemah saat gerinda dan lampu
      philip kelap kelip.
      Yang kami harapkan listrik dapat
      menghidupkan pompa air yang
      akan menyedot air keatas tanki…
      sekarang kami berfikir untuk
      mencoba mengganti dinamo
      generatornya dengan dinamo yang
      lebih kecil. Saya ingat kalau hal ini
      dilakukan dalam skala kecil ex
      praktikum dengam menggunakan
      maket kecil atau dinamo tamiya
      mungkin dapat menghidupkan satu
      lampu? tapi kami berharap
      menghidupkan kantor kecil dengan
      perangkat electroniknya… makanya
      kami sekarang mencoba mengganti
      dinamo dengan yang lebih kecil…
      apakah mungkin berhasil ya..?
      Oia… ide ini muncul dikarenakan
      ingin menghasilkan listrik yang
      tidak membutuhkan aliran air
      sungai karena peng aplikasiannya
      untuk di areal tidak ada sungai…

       
      • Yogi

        November 13, 2013 at 6:33 pm

        Dari segi logika, masuk akal.
        Tapi dari segi aktual. tidak.
        buntut-buntutnya. generator hanya bisa menghidupkan pompa air itu sendiri.
        dan jika di tambah beban lain, maka tenaga dari pompa akan berkurang.
        Sama artinya dengan perpetual motion (Gerak abadi).
        Saya browsing di internet, semuanya adalah penipuan. belum pernah ada yang menemukan.
        kalaupun bisa hidup, lama kelamaan pasti akan mati.
        Tapi bagus idenya.
        Saran saya. lebih baik manfaatkan saja energi yang ada seperti matahari, panas, air, angin, dll. bukan sistem tertutup (Close loop). karena akan sia-sia.

        Terima kasih

         
        • meitanteiamiterasu

          November 14, 2013 at 1:24 pm

          thanks atas pencerahannya mas
          yogi… memang dengan sistem
          yang saya uraikan diatas baik
          dwngan tembakan pompa maupun
          air jatuh… sampai sekarang kami
          belum berhasil memaksimalkan
          kinerja dinamo generator yang
          ada… dikarenakan RPM yang
          rendah…..
          maka dari itu sekarang kami
          kembali mencoba metode awal
          kami… memang sih tidak saya
          bahas di artikel ini metodenya…
          metode yang kami pakai masih
          menggunakan tembakan pompa ke
          kincir, akan tetapi
          kamimenggunakan dinamo ampere
          atau nama lainnya alternator
          sebagai pengganti dinamo
          generator kemudian alternator
          akan mencas aki. arus pada aki
          yang dc akan kita rubah ke ac
          dengan menggunakan inverter…
          nah dari inverter inilah arus alan
          dialirkan ke alat elektronik atau
          panel listrik dirah atau kantor…

           
      • surya

        November 21, 2013 at 3:27 pm

        hub :085315351119

         
      • Asep Surya

        November 22, 2013 at 8:25 am

        sy punya pengalaman ttng listrik sirkulasi yang kini sedang anda dalami,mungkin anda bisa pelajari vidionya,sy angkat vidionya di akun FB sy.silahkan anda liat dan pelajari,semoga bisa membantu.sesama penghobi energi terbarukan.riset yang ada di vidio ini,murni bikinan sy,bukan mengcopy dari youtube.

         
        • asrul

          November 22, 2013 at 1:53 pm

          apa judulnya
          mas di youtube

           
        • Romy Chandra

          November 22, 2013 at 4:38 pm

          minta link videonya donk mas skalian mau blajar juga

           
        • Asep Surya

          Desember 2, 2013 at 7:31 am

          bisa liat di akun FB saya.www.facebook.com/asep.surya.39 ataw pin reques : 282AD815.

           
      • evan

        Desember 26, 2013 at 1:31 pm

        setuju, itu juga pemikiran saya waktu tahun 2005 waktu saya masih SMA tetapi tidak ada team atau dana untuk membuatnya

         
  2. Erit07

    Juli 24, 2013 at 11:16 pm

    Saya juga gak paham,tapi cara akang kreatif.

     
  3. Yudi

    Juli 25, 2013 at 11:23 am

    Ide ide untuk mendapatkan energi secara terus menerus memang menjadi impian manusia, namun ada beberapa hal yang memang tidak mungkin dilakukan karena tidak diperbolehkan oleh hukum fisika (hukum kekekalan energi, hukum gaya geser, dll).
    Setuju dengan mas Avrian, untuk mendapatkan output (yang terus menerus), kita memerlukan input yang lebih besar (dan terus menerus).. Itulah sebabnya kita “menghabiskan” sumber daya alam untuk mendapatkan energi. Untungnya energi terbarukan tidak benar-benar “menghabiskan”, melainkan hanya “memanfaatkan”, tidak seperti BBM.

    Selain mikrohidro, ada juga tenaga surya, bio gas, bio mass yang bisa jadi alternatif sumber energi terbarukan.. Selamat mencoba.

     
    • meitanteiamiterasu

      Juli 25, 2013 at 1:44 pm

      thanks dah berkunjung mas

       
    • meitanteiamiterasu

      Juli 25, 2013 at 1:45 pm

      sebenarnya dan sejujurnya saya
      sepaham dengan pemahaman agan
      avrian dan yudi, akan tetapi saya
      cuma berusaha menjalankan
      permintaan pimpinan saya untuk
      berusaha mewujudkannya. saya
      sudah baca juga di kaskus akan
      ide yang serupa… ini linknya
      http://m.kaskus.co.id/
      thread/50d4a8b4e974b4182d00004
      e/pembangkit-listrik-tenaga-air-
      menggunakan-pompa-air-
      sebagai-penggerak-kincir/
      ide di link tersebut juga sempat
      kami jalankan.. akan tetapi kembali
      kami ke ide awal karena prinsip
      untuk menggantikan energi
      penggerak awal ke energi yang
      baru keluar dari genset itu tidak
      mungkin… jangankan kalau keluar…
      sekarang keluar saja belum bisa..
      karena rpm belum tercapai…
      maka dari itu saya mau membuat
      artikel ini untuk meminta saran
      masukan dan keilmuaan akan
      prinsip kerja ide PLTA sirkulasi ini
      dari yang lebih ahli dan paham

       
  4. nomonikureda

    Juli 26, 2013 at 8:27 am

    Waduh, ngga ada mesin sistem tertutup yg bisa bekerja terus menerus tanpa ada energi dari luar. Energi dari luar tetap di butuhkan karena mesin pasti memiliki kerugian konversi energi entah itu menjadi panas karena gesekan, tidak semua energi air yg jatuh terpakai untuk memutar kincir, dll. Mungkin bisa dibantu dengan tenaga kincir angin untuk menaikkan air ke tangki, sehingga ada bantuan dari energi luar terhitung gratis.

     
    • meitanteiamiterasu

      Juli 30, 2013 at 8:37 am

      maaf mas… mau bertanya nih.. mesin sistem tertutup itu gimana ya maksudnya…? maklum bukan orang teknik… sepaham saya dengan yang di jelaskan tersebut… energi yang di konversi tidak akan menghasilkan 100% energi awalnya… seperti itukan maksudnya.. berarti intinya… kalau tetap mau mencoba… harus melibatkan energi dari luar…

       
  5. Mastura

    Juli 26, 2013 at 10:17 pm

    Buat mas Ikhsan yang pernah bertanya pada saya di http://elektro-unimal.blogspot.com/2013/05/cara-kerja-pembangkit-listrik-tenaga-air.html. Menurut saya sich pembangkit sirkulasi ini mungkin bisa-bisa saja, tapi menurut saya kurang efisien mas untuk diterapkan dalam kehidupan untuk memenuhi kebutuhan energi. Secara logika, energi yang akan digunakan untuk menaikkan air ke dalam penampungan yang berada pada ketinggian tertentu membutuhkan energi yang besar, mungkin nanti tidak sebanding dengan output yang di hasilkan. Kita perlu bertanya, apakah energi yang kita hasilkan nanti nya akan sebanding dengan besar energi yang digunakan pompa air untuk mengisi kembali tempat penampungan air yang akan digunakan kembali?
    Jika untuk proyek penelitian, mungkin ini ide yang cemerlang, tapi jika proyek untuk kepentingan umun, para investor mungkin mikir2 seribu kali..
    Kalau untuk saran nya, untuk mengisi air kembali ke dalam penampungan, ada baik nya menggunakan energi alami yang lainnya seperti tenaga angin yang di aplikasikan untuk memompa air kembali ke dalam penampung. Ya hitung2 mengurangi pemakaian energi dari generator nya.. ^_^

     
    • meitanteiamiterasu

      Juli 30, 2013 at 8:42 am

      betul mas… sekarang ini kami seperti melakukan riset untuk mencapai hasil yang kami inginkan… tapi ya belum berhasil.. masih banyak kekurangan dalam pencapaiannya… (ntah karena tidak mungkin melawan hukum kekekalan energi tersebut seperti yang dijelaskan suhu suhu diatas), dan saran mastura untuk membantu dengan energi alami lainnya patut kami coba…. thanks atas saran dan kunjungannya mas…

       
  6. syafii

    Agustus 13, 2013 at 11:40 am

    asalam.
    riset anda adalah suatu usaha yg bagus dg tujuan yang baik.saya juga pernah berfikir seperti itu membuat energi dari sirkulasi air. zaman sudah berubah,sekarang yg tidak mungkin bisa jadi mungkin.masih ingatkah dulu tahun 70-an radio bentuknya besar.sekarang seukuran buah kurma radio sekarang.dulu elektronik musuh dengan air sekarang elektronik dituntut untuk bisa digunakan di dalam air.dulu layar ukuran tebal sekaran 5mm bisa jadi layar.
    hukum fisika memang susah untuk di tentang dimasa depan hukum mungkin bisa berubah. kebenaran hanya milik ALLAH. salah satu contoh jam dinding bandul tanpa energi luar dia bisa berputar sepanjang masa.
    terus berusaha dan berdoa,berhasil dapat dunia,gagalpun dapat pahala dari usaha kita. saya masih berkenyakinan kalo energi listrik tenaga sirkulasi bisa di kembangkan dimasa depan.
    salam
    085 640 456 081

     
    • meitanteiamiterasu

      Agustus 21, 2013 at 10:35 am

      wah luar biasa mas… memang hal tersebut lah yang membuat project ini tetap berjalan… dikarenakan semangat untuk mencoba, memungkinkan yang tidak mungkin…
      tapi kami tetap perlu juga berpijak dengan keilmuan yang ada… dan maka dari itu juga… saya membuat artikel ini dwngam tujuan diskusi dwngan mereka yang lebih ahli dibidangnya

       
  7. fvndi265

    Agustus 20, 2013 at 9:50 pm

    ide nya boljug mas..saya juga lagi buat yg model begini..tapi untuk power yang lebih kecil..

     
    • meitanteiamiterasu

      Agustus 21, 2013 at 10:40 am

      jadi gimana mas…? kalau yang lebih kecil bisa gak…? sepanjang yang saya cari… kalau kapasitas kecil sepertinya bisa jadi lebih memungkinkan… karena energi gerak dalam hal ini air yang ditembakkan pompa atau air jatuh pada tanki yang dibutuhkan untuk menghidupkan dinamonya lebih kecil juga. dalam praktikum praktikum fisika kita juga bisa menerapkannya… dwngan menggunankan dinamo tamiya atau dinamo sepeda… karena energi gerak yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar….
      sharing ya mas… hasil yang mas dapatkan…. untuk menambah reverensi kita

       
      • fvndi265

        Agustus 23, 2013 at 10:33 am

        beres mas..nanti kl da ada hasil nya saya sharing..masih sibuk saat ini..proses masih tahap perakitan..

         
  8. ipanase

    Agustus 22, 2013 at 12:09 pm

    energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan
    energi masuk = energi keluar
    kenayataannya ^ tidak seperti itu, banyak rugi2
    menaikkan air butuh energi yang mungkin malah ebih besar dari energi yang dihasilkan
    melu bingung😀

     
    • meitanteiamiterasu

      September 5, 2013 at 10:13 pm

      betul banget mas ipan… maka dari itu kami mencoba terus… dan terus mencoba

       
  9. diki hendrawan

    September 3, 2013 at 12:28 pm

    makasih info nya

     
  10. Ma'ruf Setiawan

    September 4, 2013 at 1:53 pm

    udah pernah dicoba menambah gearbox 1 lagi atau belum gan???

     
    • Diki hendrawan

      September 5, 2013 at 12:19 pm

      belum gan,

       
      • Ma'ruf Setiawan

        September 5, 2013 at 6:26 pm

        coba kalau pakai 2 gearbox,, yang 1 untuk menggerakan dinamo dan yang 1 lagi untuk menggerakan pompa.
        tapi sebaiknya diameter kincir diperbesar agar diperoleh torsi yang lebih besar dan gearbox yang digunakan minimal 1:70.

        Saat ini saya sedang dalam tahap pembuatan gan…

         
    • meitanteiamiterasu

      September 5, 2013 at 10:11 pm

      udah mas… malahan pake gearbox 1:100 tapi makin tinggi perbandingan makin berat ya mas…? selama ini dah bermacam gearbox kami coba…. nah boleh saya tau mas… gearbox yang ringan apa ya mas… biar bisa kami coba juga..

       
    • meitanteiamiterasu

      September 19, 2013 at 9:10 am

      mas ma’ruf cobanya dimana.mas…? siapa tau kita bisa kesana….?

       
  11. Enda

    September 19, 2013 at 9:05 am

    Pada dasarnya bisa jika energi yang dihasilkan lebih besar dari yang digunakan untuk mensirkulasi air tsb

     
    • meitanteiamiterasu

      September 19, 2013 at 9:09 am

      betul mas…. teorinya sih gitu… sekarang menciptakan energi yang lebih besar itu yang belum ketemu…
      ini terakhir kami menghasilkan listrik 120 A… tapi kami memang fokus untuk mebghasilkan listrik dulu… baru nanti sirkulasinya…

       
  12. samsul arifin

    September 20, 2013 at 9:54 am

    apa sudah mencoba menambahkan satu turbin/ beberapa turbin lagi dibawahnyaturbin utama
    artinya air yang terbuang tersebut anda tampung untuk menggerakkan turbin yg berada dibawahnya
    dengan kata lain anda harus rela menaikkan posisi turbin utama anda
    yang pada akhirnya anda akan memiliki beberapa output pada generator anda

     
    • meitanteiamiterasu

      Oktober 29, 2013 at 7:01 pm

      maksud turbin disini kincirnya ya gan…??? maaf ane gak paham.. kincirnya beranak atau bertangga tangga.gitu ya… dan antara kincir satu dengan yang lain ada penghubung swperti as atau belting kah…???

       
  13. nico aditya

    September 29, 2013 at 2:06 pm

    ane udah nyoba gan, lossesnya terlalu banyak ketika pengkonversian energinya. dari kinetik>listrik>kinetik lagi.. itungannya buang-buang energi gan, solusi ane sih pake dua kincir

     
    • meitanteiamiterasu

      September 30, 2013 at 10:24 am

      nah metode 2 kincir itu gimana gan…? ane gak paham…?

       
  14. yoyok rudiyanto

    September 29, 2013 at 2:57 pm

    Saya juga tadinya terpikir membuat Listrik dgn sistim sirkulasi seperti ini, ini sy rasa bisa diusahakan dgn berbagai upaya, mungkin menambah turbin atau kincir yg lebih besar, sehingga daya putar yg dihasilkan ke Gearbox dinamo jg bisa maksimal. semakin besar kincir yg berputar jg semakin kuat daya yg dihasilkan utk memutar gearbox (poly) pada dinamo. sy jg mau mencoba, apabila berhasil ini harus dikonversikan ato di infokan ke masyrakat tentunya.

     
    • meitanteiamiterasu

      September 30, 2013 at 10:23 am

      ya mas kami pun telah melakukan pembesaran kincir… memang kemampuan meningkat tapi belum cukup kuat untuk memaksimalkan kemampuan dari dinamo 5 kw… tapi proses pengerjaan dan percobaan masih berlanjut

       
    • meitanteiamiterasu

      September 30, 2013 at 10:26 am

      ya informasi seperti ini perlu disampaikan apabila berhasil… karena dapat sangat membantu

       
  15. meitanteiamiterasu

    September 30, 2013 at 10:23 am

    ya mas kami pun telah melakukan pembesaran kincir… memang kemampuan meningkat tapi belum cukup kuat untuk memaksimalkan kemampuan dari dinamo 5 kw… tapi proses pengerjaan dan percobaan masih berlanjut

     
  16. Outje

    Oktober 24, 2013 at 12:16 pm

    Mas utk memaksimalkan putaran pada panel dinamo, tambahkan kincir lagi sehingga putaran yg di dapat akan semakin bertambah.untk perbandingan diameternya baik lebih kecil dari pada kincir utama.

     
    • meitanteiamiterasu

      Oktober 24, 2013 at 3:34 pm

      ooo mekanismenya seperti pully ke pully ya… atau sistem transmisi…

       
  17. Hendri

    Oktober 29, 2013 at 6:34 pm

    Saran aja nih! Udah coba gunakan pompa jet yg d gunaka pada mobil pemadam. X aja bisa nembak kincir dengan deras? Thanks.

     
    • meitanteiamiterasu

      Oktober 29, 2013 at 6:56 pm

      udah pernah sih mas dulunya pake pompa jenis tohatsu… tapi ketika itu kincir kami masih berat sehingga putarannya masih lambat… sekarang kami sudah mengganti kincirnya mwnjadi lebih ringan… akan twtapi pimpinan meminta untuk menggunakan air jatuh pada tanki yang dibuat sedemilian rupa dan dibantu kompressor untuk menambah tekanan air jatuhnya….. kami mencoba memakai air jatuh dikarenakan apabila rpm.berhasil dicapai dengam bantuam.tembakan pompa.. akan tetapi ketika listrik dihasilkan pompa jet dipindahkan penggunaan energinya dengam menggunakan generator yang sudah menghasilkan listrik… nah pada saat tersebut otomatis pompa juga mati untuk sepeesekian detik… dan ketika itu… adanya loses energi yang besar sehingga rpm tidak tercapai… dan listrik yang dihasilkan pada generator tidak tercipta lagi (mati)… itulah dugaannya… sempat berdiskusi sama yang ngerti kelistrikan… dan juga penggunaan pompa jet itu memakai bbm yang besar kalau tidak salah

       
      • yusron

        Mei 29, 2014 at 4:13 am

        hoi ambil yg simple aja….
        saya kasih saran membuat hukum momentup yg diperhemat dan dikembalikan tanpa dibuang

         
  18. Hendri

    Oktober 29, 2013 at 7:26 pm

    Ada saran lagi nih mas! Seiring memprbsar kincir pullynya jga hrus besar dan yg di dimano hrus yg paling kecil 1 – 4 dan seterusny sampai dapt hasil yg maksimal. Thanks!

     
    • meitanteiamiterasu

      Oktober 30, 2013 at 6:55 pm

      ooo udah mas.. udah kami coba… namanya sistem transmisi… pully besar ke pully kecil… dan itu ada beberapa pully sehingga hasil akhir perbandingan 1:32 nah.. makin besar perbandingannya makin berat… sepertinya itu hukumnya… apalagi penghubungnya belting….sehingga terjadi gesekan yang lebih… mengakibatkan putaran semakin berat…
      mekanisme tranmisi ini sama dengan gearbox… mungkin lebih mendingan gearbox… dikarenakan kita bisa menggunakan oli untuk mengurangi gesekan….. tapi tetap gak tercapai putarannya

       
  19. primadani

    November 7, 2013 at 6:53 am

    coba menggunakan metode pompa hidram.,,, air yg turun dr tangki menuju turbin d alirkan lg menuju pompa air hidram.,.dr pompa hidram.,air di pompa lg k tangki utama (sblum menuju turbin ).,.kira2 bs ga.,. cara kerja hidram bs d cari d google.,hehe.,

     
    • meitanteiamiterasu

      November 12, 2013 at 7:18 am

      wah hidram ya…??? apaan tuu…???
      oce deh… thank atas sarannya

       
  20. Aditya Naufal

    November 9, 2013 at 9:26 am

    kalo listrik yang di hasilkan di sainpan apakah memungkin kan

     
  21. Aditya Naufal

    November 9, 2013 at 9:27 am

    coba juga untuk bekerja sama dengan PLN siapa tau bisa ketemu jalan keluar nya

     
  22. bery indon

    November 11, 2013 at 12:23 pm

    Saya mempunyai prinsip, dalam hidup tidak ada yang tidak mungkin, semua berawal dari ide gila dan gak masuk diakal, kalo kita ngomongin huku kekekalan energi, hukum paskal dan lain2 makin pusing, yang pasti kita dilapangan lah yang tau dan kita juga yang bisa membuat project menjadi berhasil.

    Saran saya sebaiknya menggunakan dinamo/generator yang low rpm (Magnet Permanent), akan tetapi dinamo tersebut harganya sangat mahal.

    Alhamdulillahnya lagi project yang saya pampang di kaskus berhasil, karena disana banyak sekali yang mencemoohkan saya, jadi saya enggan untuk berbagi dan memberikan hasil kepada teman2. Yang jelasnya rumah saya sekarang sudah bisa hidup listrik 24 jam tanpa Bahan Bakar😀. Keep spirit & smile

    Regards,
    Bery Indon

     
    • meitanteiamiterasu

      November 12, 2013 at 7:21 am

      dinamo rpm rendah itu dinamo ampere atau alternator itu namanya… buat nge cas aki… jadi pake aki ya…???

       
    • Romy Chandra

      November 13, 2013 at 7:17 am

      gan ane bole mnta cara bikinnya kaga?
      ane pernah bikin ni project pas kelas 1 sma(3 taon yg lalu)
      tapi gagal

      projectnya bisa menghasilkan listrik tapi
      energi masuk nya lebih kecil dr pada energi keluarnya
      trus pada mesin pompa airnya ga tahan lama karna mesinya kepanasan(overheat)

      tolong kirim ke email saya ya
      romychandra30@yahoo.co.id

       
    • asrul

      Desember 9, 2013 at 6:37 pm

      Maksudnya listrik di rmh mas menyala 24 jam dengan system sirkulasi air gitu mas….

       
    • heriyanto

      April 14, 2014 at 7:51 pm

      mas beri ilmu milik Alloh dan wajib kita berbagi

       
    • meitanteiamiterasu

      November 12, 2013 at 7:26 am

      wah itu di riau juga kan mas..??? saya pun di riau posisinya…. kalau itu memang kami sekarang memakai metode itu… dan alhamdulillah bisa… cuma tinggal beli inverter saja…. awalnya kami memang metodenya pake aki juga rencananya… tapi karena masih ragu untuk beli inverter…. makanya kami tinggalkan…
      tapi belakangan ini pimpinan saya kembali tercetus ide pakai alternator aki dan inverter… dan sepertinya ini akan berhasil

       
  23. beryindon

    November 14, 2013 at 11:52 am

    Coba mas lihat disini. Diputar pakai tangan saja udah bisa menghidupkan lampu

     
  24. meitanteiamiterasu

    November 14, 2013 at 1:22 pm

    sudah saya liat mas… itu judulnya low rpm alternator… berarti memang pakai alternator atau nama lainnya dinamo ampere kan…? pakai aki juga mas…??? keknya saya gak liat….
    berapaan itu spek alternatornya ya…??? kalau yang kami pakai sekarang…
    24v 18A… dengan kata lain… kalau saya gak salah nih… kalau salah tolong dikasih tau benarnya…
    24×18=432watt
    nah apakah pemakaian hitungan diatas sama dengan aki yang misalkan spek akinya 70Ah 12v sehingga didapatkan kapasitas muatan akinya 70×12= 840watthour
    dengan pengertian apabila kita memakai aki dengan beban 40W maka aki akan bertahan sampai lebih kurang 21 jam…
    nah apakah alternator itu juga begitu…???
    kami memakai alternator dan juga aki…. dan ada juga yang menyarankan untuk memakai alternator saja bisa…
    kami rencananya akan memakai beban lebih kurang 3000watt… apakah bisa cuma alternator saja…?? dan berapa spek alternatornya…??

     
  25. beryindon

    November 20, 2013 at 8:59 am

    alternater/dinamo itu ya sama aja. kalo mas pake dinamo diesel mesti harus putaran/rpm tinggi 2000-3600 rpm. jadi membutuhkan air yang sangat deras dan besar untuk memutar dinamo tersebut menghasilkan rpm yang standar, tapi kalo rpmnya rendah kan ga harus membutuhkan air yang deras dan besar. Gitu logikanya.

     
  26. agus

    November 25, 2013 at 1:53 pm

    gaerbox nya bisa di buat dari gerdang mobil apa ngak

     
  27. dinamolistrikatt@gmail.com

    November 30, 2013 at 3:14 pm

    http://dinamolistrikatt.blogspot.com/

    DINAMO LISTRIK (ELECTRO MOTOR)
    Info: Rama Kusuma
    Kawasan Multiguna Blok A No.6A Serpong
    No Hp: 0858-8115-3512
    Email: dinamolistrikatt@gmail.com

     
  28. beny

    Desember 11, 2013 at 1:43 pm

    Bisa mas,,,,
    kalau mas mau , bahkan tanpa air untuk mendorong turbinnya…
    yaitu dengan menggunakan daya dorong magnet neodynium (sekarang sudah dikembangkan di china)
    dengan memanfaatkan magnet tersebut dapat memutar generator dengan tanpa energi dari luar misal,bensin.air,udara,,,thanks

     
    • meitanteiamiterasu

      Desember 11, 2013 at 10:49 pm

      Bisa ya mas… Wah itu suatu hal yang membantu mas kalau memang tidak peru menggunakan air.

       
  29. rangga adi

    Desember 11, 2013 at 10:06 pm

    Saya juga posisi di riau dan saya juga lagi buat PLTL+M(Pembangkit Listrik Tenaga Listri+Mediator) kalo mau liat prototype saya ada di kaskus sains dan teknologi dengan judul: PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR MENGGUNAKAN POMPAI AIR SEBGAI PENGGERAK KINCIR(thread nya beryindon) bedanya prototype saya gak pake air dan kincir dan kelebihan prototype saya bisa di aplikasikan ke kendaraan mobil(mobil listrik tanpa baterei tanpa di cas) id saya di kaskus :rangga,adi

     
    • meitanteiamiterasu

      Desember 11, 2013 at 10:47 pm

      Saya memang sudah baca juga thread.di kaskus tersebut. Terakhir saya baca saya belum menemukan jawaban apakah berhasil atau tidaknya..

       
  30. meitanteiamiterasu

    Desember 11, 2013 at 10:46 pm

    Mas rangga, saya mau kasih tau dulu bahwasanya ide ini.dari bos saya, saya hanya sekedar mengawasi serta memfasilitasi agar idenya berjalan dengan semestinya. Soal bisa atau tidak bisa saya jujur saja buta akan hal ini. Dan saya juga sudah baca thread mas rangga di kaskus. Saya membacanya ketika kami belum menemukan titik terang akan hal ini. Nah. Sekarang kami memang tidak memanfaatkan dinamo generator lagi akan tetapi kami menggantinya dengan menggunakan alternator yang men cas aki, serta inverter yang merubah arus ac ke dc… Dan alhamdulillah kalau metode ini berhasil.

     
  31. rangga adi

    Desember 12, 2013 at 11:22 am

    alternator cas aki?inverter AC ke DC? berhasil? wah selamat ya gan…..?

     
  32. beryindon

    Desember 13, 2013 at 4:29 pm

    Tetap kurang efesien kalo menggunakan inveter dan aki, mengingat harga keduanya mahal dan usia pakainya gak panjang (maksimal 2 thn). saya lebih cendrung dengan pemikiran bro rangga.adi. tapi sayangnya bro rangga tertunda karena gear box. saran saya beli gear box aja yang sudah jadi 1:10 minimal lebih besar lebih bagus, tapi perlu di perhatikan juga, jika menggunakan ratio yang semakin besar maka putaran dinamo listrik akan semakin berat.

     
  33. Rapard Paryangan

    Desember 19, 2013 at 11:13 am

    Tolong dong jika sudah ada yg berhasil bagaimana pun mekanisme penggeraknya karena saya akan membuat penerangan listrik di tengah sawah. tapi rencana dengan menggunakan alternator mobil dan di putar oleh tenaga sirkulasi air yang mengunakan pompa aquarium untuk menembak/memutar kincir.
    Jika ada yang berhasil tolong email ke saya ya : raja.sirait71@gmail.com

     
  34. Mustika

    Desember 21, 2013 at 5:52 pm

    Udah pernah coba generator dengan sistem umpan balik seperti ini belum?

    http://khymem.blogspot.in/2013/09/bikin-generator-abadi-melalui-metoda.html

     
  35. evan

    Desember 26, 2013 at 1:56 pm

    itu semua terjadi hukum fisika bisa kita buat sendiri, coba sebelum menerapkan alat baru, semua di hitung dulu, baru diterapkan, yang terpenting buatlah TEAM, dan jadikanlah semua impian itu, kalau berhasil semua itu bisa digunakan untuk masyarakat,
    saya pun berpikir seperti itu qita gunakan pompa air untuk mengangkat air ke penampungan di atas air dari penampungan itu untuk memutar turbin lalu dari turbin ke generator atau sejenisnya menghasilkan listrik masuk ke tempat penyimpanan listrik untuk menggerakan pompa air tersebut, sisanya qita simpan, tapi teknologi semakin canggih banyak generator atau sejenisnya yang dengan perputaran kecil dapat menghasilkan listrik besar. yang terpenting hasil listrik itu qita tampung dulu.

     
  36. ahmad

    Desember 26, 2013 at 9:35 pm

    kalo bisa jalan mungkin lebih bagus untuk charger aki aja mas seperti yg di youtube itu

     
  37. gankkokoking

    Januari 10, 2014 at 5:30 pm

    Salam buat semua individu kreatif. Semua di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Bagus untuk berbagi solusi. Untuk kasus ini mungkin bisa di coba pompa menggunakan pompa air tenaga gravitasi.

     
  38. fvndi265

    Januari 10, 2014 at 10:10 pm

    project selanjutnya kalo ini berhasil bisa bikin bahan bakar hidrogen ni..secara harga LPG 12kg naik terus..sy sendiri juga belum berhasil..ketunda terus..

     
  39. erwin

    Januari 22, 2014 at 9:32 am

    @meitanteiamiterasu Konsep anda bisa berfungsi asal desain nya benar (baik desain kincir, generator/alternator, dan desain ruang).. Saya melihat ada kesalahan di desain anda dalam memanfaatkan energi grafitasi, memang untuk menghasilkan energi baru tidak akan seimbang dengan energi yg keluar di karena kan gesekan, panas dll, tapi anda punya energi grafitasi yg bisa menggantikan hilangnya energi itu. Saya punya solusi desain untuk anda tapi jangan di publis disini gan.. contact saya langsung

     
  40. Ilyas

    Januari 29, 2014 at 6:17 pm

    Dalam skala micro, cara ini bisa di implementasikan, karena energy listrik yang dihasilkan sebanding atau lebih kecil dari energy gravitasi. Tapi kalau dalam skala yang lebih besar, pembangkit listrik dengan sistem tertutup sudah jelas bertentangan dengan hukum fisika, benar seperti saran agan-agan sebelumnya, beri energy tambahan dengan memanfaatkan alam sekitar, seperti matahari, panas bumi dan lain sebagainya.

     
  41. widar

    Februari 6, 2014 at 10:06 pm

    it bsa menjadi lbh gede dngn gaya gravitasi n sistem fly wheel dgn pompa air katub(non motor)dgn daya 16-35watt ingat prinsip kerja penyaluran energi verneling motor…lstrik bsa gede pake induksi…semua ada di motor.tp ingat amat bahaya yg dihasilkan dan momen yg didapat tergantung pada fly wheel.. in br tggapan BLPT JOGJA

     
  42. Rifqi

    Februari 23, 2014 at 10:30 pm

    penemu hukum kekekalan energi itu adalah manusia gan, mereka katakan energi itu kekal (tdk dpt diciptakan dan musnahkan) itu karena sebatas itulah kemampuan ilmu mereka yg diberikan Allah gan. didunia ini tdk ada yg kekal (artiny; tdk ada yg tdk dpt diciptakan maupun musnahkan) Allah maha pencipta lg maha pemusnah. hanya Dialah yg kekal dan ilmu-Nya tiada terbatas.
    ini bukan berarti saya nyaranin anda2 smua buat ngedapetin free energi pakai jin,,, ada yg mengerti pemahaman saya???….
    utk membuat energi sirkulasi, sudah adakah yg mengaplikasikan (TUAS PENGUNGKIT) untuk Torque Amplifier (penguat torsi). guna melipat gandakan output torque lebih besar dr pd input, tetapi tetap dlm putaran (rpm) yg sama antara input dan output.

     
  43. Rifqi

    Februari 23, 2014 at 11:51 pm

    membuat Torque Amplifier(penguat torsi) knp saya sarankan mengaplikasikan tuas pengungkit, karna untuk mendapatkan putaran yg sama antara input dan output, meskipun saya blm tau efesiensiny brp jika sudah terhubung dg 2 buah crankshaft dg diameter (rpm) yg berbeda. yg saya tau beban 2kg mampu mengangkat beban 10kg dg tuas pengungkit, tergantung letak titik tumpunya antara lengan beban dan lengan kuasa. jngn lupa 2 buah flyweel untuk meredam getaran, dan menstabilkan putaran 2 buah crankshaft yg berbeda diameter radian, namun berputar dlm kecepatan sudut yg sama.

     
    • meitanteiamiterasu

      April 8, 2014 at 4:41 pm

      Keren kali gan… Idenya…. Tapi karena saya bukan ahli nya baik mesin atau kelistrikan jadi Gak mampu ane bayangkan bentuknya…. Hehe… Bukan bidang ane gan… Thanks atas infonya…

       
  44. Rifqi

    Februari 25, 2014 at 6:26 pm

    saya menemukan 2 cara mengaplikasikan tuas pengungkit, utk membuat Torque amplifier.nah barang x agan2 isi otakny lebih cemerlang, ayo mari kita berkarya.

     
  45. rifa'i

    Maret 2, 2014 at 11:29 am

    gmna gan udah ada tanda2 positif blum..?

     
    • meitanteiamiterasu

      April 8, 2014 at 10:35 am

      Ada gan… Tapi metodenya pakai inverter, pakai aki… Tapi akinya harus besar…. Dan inverter serta dinamo ampere yang besar juga

       
      • rifa'i

        Juni 19, 2014 at 6:22 pm

        tolong dong tampilannya.. aya berniat bikin jg ni gan..

         
  46. Yazer

    Maret 11, 2014 at 1:40 am

    Nih menurut ku aja yah..
    Modalnya aki 3 amper buat muter dinamo kecil yg akan dihubungkan dgn poly dinamo inti.tapi siapkan inverter buat ngidupin tv. dan charger aki.biar aki terus dalam keadaan tercharg.sbaiknya pake charger otomatis sderhana saja.

     
  47. rifqi

    Maret 11, 2014 at 7:43 pm

    pada nengok youtube donk gan, tuch temuannya fernando sixto ramos, input 1 Hp bisa menghasilkan output 30 Hp, efekny cuman getaran doank.

     
  48. bayu nugraha a

    Maret 20, 2014 at 11:05 am

    aslkm ,mas saya boleh mnta foto2 dari awal pembuatan dan rangkaiannya ,terus hitungan2 output sama inputnya , trmiakasih ,saya ingin mempelajariny dan ingin mengetahui bila saya sudah memahaminya saya akan mencoba menerapkannya satu lagi matrial apa saja yg di perlukan, sekali lgi trimakasih, kirm via email saja mas bayunugraha021@gmail.com

     
    • meitanteiamiterasu

      April 8, 2014 at 10:32 am

      Wah… Foto fotonya dah gak ada gan… Dah berapa kali trial and error…. Dan banyak erornya.. Hehe

       
  49. rima

    Maret 26, 2014 at 11:55 am

    ini yg sy cari”…
    buah pikiran saya jg nich. sy jg penasaran dengan hal ini… semoga berhasil eksperimennya y mas😀

     
  50. kiki

    Mei 7, 2014 at 12:12 am

    mas pke aja perbandingan puli 24 inci dikincir,dan 3 inci di generator. susunan puli 24-3-24-3-24-3.

     
  51. kiki

    Mei 7, 2014 at 12:26 am

    kincir saya memakai hubungan puli bertingkat 24-3.dan cuma memakai ouput air 10 lter/detik.dapat menghasilkan 7680 rpm.
    hub:089660966809

     
  52. theofanne

    Juli 8, 2014 at 9:30 am

    BAGI SAYA SANGAT MUNGKIN, jika anda ingin membeli penemuan saya contact mee
    085777788292
    pembangkit listrik sistem sirkulasi
    bisa untuk pico sampai mini hydro
    tanpa pompa,,,air bergerak otomatis naik ke atas kembali
    biaya pembuatan alat 20 juta, ke atas tergantung generator nya,,,,,,
    bekerja 24 jam nonstop tanpa bahan bahar apapun

     
    • fvndi

      Juli 8, 2014 at 1:44 pm

      mantab gan..jual ke gugle aja dapet billion $$$ tu..

       
  53. Fadel

    Agustus 15, 2014 at 6:41 pm

    bagi infox gan,,

    Bagi yg jual generator atw mungkin punya kenalan.
    spesifikasi generatorx dpt bekerja dengan putaran rendah sekitar (300-500rpm), daya yang dihasilkan sekitar 500Watt.

    dan pompa air dgn daya isap 8 meter dgn pancaran air yg bagus untuk pembuatan alat praktikum.

    bisa hubngi sya Muh. Try Fadel Kahar pin: 29C46B12 nope: 085396552996

    Mohon Bantuanx gan..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

%d blogger menyukai ini: