RSS

Ooo KALAU CEK FISIK HARUS BEGITU TOH…

22 Nov

lambang_kota_pekanbaru.jpg
Senin kemarin saya meluncur ke ibu kota Provinsi Riau yaitu Pekanbaru, untuk mengurus pajak motor CS1 saya yang sudah lewat tempo. Sesampai di kantor pembayaran pajaknya jam 12an ,yah sudah waktunya istirahat. Terpaksa saya harus menunggu sampai jam 13.00 WIB karena ketika itu aktifitas sudah dimulai kembali sampai jam 14.00 WIB.

Dari pada menunggu lebih baik saya fotocopy kelengkapan arsip saya dulu. Karena saya mau bayar pajak beserta balik nama dan mutasi, jadi selain fotocopy KTP, BPKB, STNK.. Saya juga memfotokopi kuitansi pembelian motor saya secara second. Di BPKB tersebut sudah dilampirkan kuitansi pembelian motor atas nama saya ke dealer motkas, dan kuitansi kosong yang ada tanda tangan pemilik pertama. Saya fotocopy saja kuitansi yang dari dealer motkas.

Selesai pergi memfotokopi jam sudah menunjukkan pukul satu kurang.. Alhamdulillah gak lama kali saya menunggu. Berkas beserta fotokopiannya saya masukkan ke dalam kaca loket pertama. Dan saya sebutin bahwa saya mau bayar pajak serta balik nama. “Cek fisik dulu pak” kata penjaga loket 1.

Wah begitu toh… Maklum sudah lama gak bayar pajak… Kan gak tiap hari bayar pajaknya..hehe… Kemudian saya bawa motor saya menuju gedung yang berada dibelakang gedung utama.
loket cek fisik.jpg
Sesampai disitu saya kembali memasukkan berkas saya kedalam lubang kaca loket cek fisik sambil bilang “mau balik nama pak”. Kemudian bapak administrasi cek fisik mencek berkas saya. Kemudian dia melempar berkas saya ke tepi lubang kaca. ” Mana kuitansi pembelian kamu..?” “ini pak” sambil saya menunjuk ke kuitansi dari dealer motkas.. “Bukan yang itu… Tapi yang ini…” sambil menunjuk ke kuitansi kosong yang ada nama dan tanda tangan pemilik pertama. “Tolong kamu isi dan kasih materai didekat tanda tngan kemudian baru kamu fotokopi”.. Dengan segera saya meluncur ke tempat fotokopi dekat kantin didalam lingkungan tersebut.

Selesai saya memfotocopy saya meluncur lagi ke loket cek fisik. Kembali saya menyerahkan berkas. “Mana motor kamu…?” “tuh pak didepan… CS1”. “Tolong kamu buat lampu sein kamu menjadi standar”.
cs1 .jpg
Oalah….. Kaca lampu sein saya sudah 1 tahun lebih saya kasih cutting sticker warna hijau… Memang sih dulu waktu pemasangan saya sempat nanya ke pemasang apa boleh kaca tersebut di kasih cutting sticker. Kata abang tersebut memang gak boleh sih. Ntar dirazia kena. Alhamdulillah sampai sekarang belum pernah terjaring ketika razia, ataupun ketemu dengan polisi di persimpangan, pos-pos, maupun jalan raya. Tapi yaaaa mau gimana lagi… Dengan berat hati saya melepaskan cutting sticker tersebut. Kurang lebih 5 menitan saya melepaskannya.

cutting sticker yang masih tertinggal1.jpg

cutting sticker yang masih tertinggal 2.jpg

cs1 yang sudah dilepas cutting stickernya.jpg

Kembali saya menyerahkan berkas ke bapak tersebut. “Motor kamu mana…? Sudah dibuat standar kan…?” “tuhhhh” kata saya. “Sudah capek-capek orang jepang mikirin bagaimana buat sebuah motor safety di jalan nih kamu ubah-ubah. Merah berarti berhenti, kuning berarti hati-hati, hijau berarti jalan. Nah ini kamu kasih hijau… Ya orang jalan terus.. Kalau kuning baru orang hati-hati mungkin kamu ke kiri atau ke kanan..” saya cuma bisa terdiam…. Habis memang salah sih…

Berkas saya diberikan kembali beserta formulir pengecekan dan kertas buat gesek nomor rangka. Formulir saya isi setelah itu saya minta petugasnya mengecek CS1 saya.
cek fisik sedang dilakukan.jpg
Setelah dicek kembali, saya kasih berkas dan hasil pengecekan saya kepetugas. Berkas dicek, dan ditanda tangani. Kemudian bapak tersebut bilang “nanti bawa seluruh berkas ini polsek senapelan untuk mengurus balik nama dan mutasi. Wah sudah hampir jam 2 apa sempat yah…?

Dengan segera saya membawa CS1 saya ke polsek tersebut yang berjarak lebih kurang 15 km dengan keadaan jalan padat merayap. Sesampai disana wah… Rupanya sudah tutup… Ada beberapa petugas disana saya tanyakan hal-hal mengenai kepengurusan mutasinya. Untuk mutasi biayanya 300 ribu… Wah… Sepertinya harus hari sabtu besok saya urus lagi….

Oke bro… Begitulah sekelumit cerita saya… Apa brother yang lain punya cerita juga…? Share dong bro… (IF)

Dikirim menggunakan Wordmobi

 
17 Komentar

Ditulis oleh pada November 22, 2011 in roda 2, Sharing Info

 

Tag: , , , , , , ,

17 responses to “Ooo KALAU CEK FISIK HARUS BEGITU TOH…

  1. MENONE

    November 22, 2011 at 3:22 pm

    waaahhhhhh…… bulan januari tahun depan menone br cek fisik hehehehhehehehe….salam persahabatan selalu sob

     
  2. Ya2kzzz

    November 22, 2011 at 9:21 pm

    salam asololeeey mas..🙂

     
    • meitanteiamiterasu

      November 22, 2011 at 10:06 pm

      ya salam asololey juga…. BTW asololey apa ya…?😀

       
      • mbr666

        November 23, 2011 at 7:26 am

        Salam juga tp ga tw artinya,wkkwwkwkkwkw:mrgreen:

         
  3. Spacey

    November 22, 2011 at 11:23 pm

    Nggak ada calo bro di tempat ente?

     
    • meitanteiamiterasu

      November 22, 2011 at 11:47 pm

      so pasti ada…. cuma tidak.kentara kali… yang berkeliaran di samsatnya cuma calo tulis… jadi cuma bantu isiin berkas saja… kalo yang lain gak terlalu jelas… soalnya gak ada yang nawarin bantuan.. kebanyakan calonya dari.biro pembiayaan….

       
  4. VIKOMINg

    November 23, 2011 at 7:33 am

    wogh berarti kalo mtor kita kaga lengkap (kga ada sein sma lampu belakang) maklum mtor ane supermoto .. Brarti ga bsa ya

     
    • meitanteiamiterasu

      November 23, 2011 at 8:58 am

      super moto gak ada lampu sein dan lampu belakang ya…? Supermoto itu seperti motor trail kan..hehe maklum.. Gak terlalu tau soal motor😀 kalau memang dari sononya seperti itu gak bisa dipermasalahkan toh… Seharusnya petugasnya tahu… Atau mungkin gak mau tahu kali ya… Sepertinya dibagian cek fisik ini petugasnya harus galak-galak…:D

       
  5. ridertua

    November 23, 2011 at 12:12 pm

    sip infonya…🙂

     
  6. anharvictor

    November 23, 2011 at 2:14 pm

    salut sama samasat nya…
    Hehe awal mula sudah di cega…
    Tapi sulat sama yang punya warung…
    Tapi si bebek super tak smoke lampu remnya gimana ney mas bro???

     
  7. meitanteiamiterasu

    November 23, 2011 at 3:02 pm

    kalo samsat ditempat mas anharvictor gak terlalu ketat ya aman… atau kalau lewat calo biasanya motor gak pake bawa ke samsat… Tapi yaitu mahal…. Dan saya gak nyaranin ya pake calo ntar… Jadi sesuatu banget…😀

     
  8. jeng3

    November 23, 2011 at 7:52 pm

    beh..meski juragan warung ini jelas salah dengan masang stiker ijo itu, sebagai aparat pelayanan masyarakat gak sepantasnya aparat nyeramahi dengan nada tinggi/marah apalagi merendahkan, tegur dan beritahulah dengan sopan

    mentang2 kita2 yg berkepentingan

     
  9. meitanteiamiterasu

    November 23, 2011 at 8:34 pm

    makasih mas atas respeknya… tapi saya cuma mau meluruskan sebenarnya petugasnya gak marah dan gak bernada tinggi.. tapi memang dari kata-katanya yang ngeselin… tapi yaitu mau gimana lagi… memang nampak kali bahwa kita yang butuhin dia… sekali lagi thanks atas respek, dan kunjungannya…

     
  10. ivan aditama

    Februari 12, 2015 at 5:22 pm

    semestinya peraturan ini dipermudah, mereka g mesti bolak balik lagi kmana mana buat ngurus nya , sistem nya saja yang belum berjalan ini pengurusan. sekarang sudah zaman nya online database, dan bisa di printout kan.. semoga aparat penegak hukum juga mengerti kalau lah masyarakat awam sperti kita ini juga butuh dibantu sebagai pengayom dan PELAYAN masyarakat.

     
  11. redcasey

    Mei 17, 2015 at 9:04 pm

    Kalo cek fisik nomor rangka apakah hrs bongkar cover body CS1 ya? Kalo gak salah kan posisi nomor rangka ada dekat komstir sblh kiri? Mohon pencerahan bro🙂

     

Tinggalkan Balasan

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

