RSS

SEJAUH MANA ANDA MENGUASAI OFFICE

13 Nov

Hampir semua kita mengetahui dan mengenal program Office. Bisa itu microsoft office, open office atau software office lainnya. Tapi apakah kita cukup menguasainya…? kenapa disini saya bilang cukup… yah cukup saja dulu bro…. baru nanti ke jenjang expert. Nah bro.. kalau kita tamatan perguruan tinggi akan tetapi tidak cukup menguasai office, apa tidak cilaka tuh bro… Ini pengalaman pribadi saya. Nah ketika saya berada didunia kerja saya berhadapan dengan suatu pekerjaan mengolah data yang terkumpul di lapangan… yah mungkin mirip data-data statistik lah… kalau untuk permasalahan mengolah data program office yang cocok sepertinya excel. Saya berusaha mengerjakan data tersebut semaksimal saya. Lantaran berbekal pengalaman berorganisasi, dan pernah mengolah data murid nah saya tidak terlalu canggung untuk mengolah data tersebut. Yah bisa dibilang saya cukuplah pengetahuan dalam office. Namun ada beberapa fungsi yang tidak bisa saya maksimalkan dalam program excel tersebut. Karena fungsi tersebut merupakan hal yang belum saya ketahui. Sehingga saya hanya mengerjakannya secara manual, akan tetapi data dan keterangannya tetap saya tuliskan di excel tersebut. Data-data sudah saya berikan kekantor dan direvisi oleh rekan kerja saya. Namun karena rekan kerja saya sudah expert dan berpengalaman dalam mengolah data tersebut dia mengetahui ada sebagian tabel yang tidak memakai fungsi sehingga hasilnya tidak secara otomatis keluar. Nah rekan kerja saya mempertanyakan, lah kok gak dibuat pake fungsi saja…? lantas saya menjawab… belum faham fungsi tersebut pak. “ Masak sudah kuliah tidak bisa…?,” padahal saya termasuk dalam kategori cukup untuk menguasai office. Nah sebenarnya saya kuliah tidak berhubungan dan menyentuh langsung dengan yang namanya program office dikomputer. Program office cuma dipakai ketika mengerjakan tugas, paper, makalah, skripsi, dll. Dan itupun pengetahuan saya terhadap program office banyak saya dapatkan secara otodidak dan pengalaman ketika berorganisasi. Namun  mindset banyak orang mengatakan bahwa seorang tamatan perguruan tinggi bisa melakukan apapun. Dan memang perguruan tinggi dituntut untuk membentuk sarjana siap pakai. Walaupun setiap tamatan mempunyai keahlian masing-masing. Nah sejak kejadian tersebut saya berusaha untuk belajar lagi, menggali lagi, dan mendalami lagi yang namanya program office. Karena memang hampir kita tidak akan lepas dari yang namanya program office ketika kita terjun kedunia kerja saat ini. Memang sih tidak semua pekerjaan memakai program office. Akan tetapi banyak pekerjaan dapat dibantu dengan program office. Bro mengolah kata dalam progarm word pun kita harus lebih expert. mulai dari mengetik yang cepat, membuat pengaturan tulisan membuat table, dll. Semua itu dapat juga ditolong dengan bantuan tombol shortcut pada program office. Tapi apakah kita semua mengetahuinya…?  Saya rasa tidak. Jangan hanya gara-gara kita tidak tahu mengatur spasi, paragraf, rata kanan, rata kiri, itu membuat pekerjaan kita lambat. Kalo lambat saja mungkin waktu dan energi kita saja yang terkuras. Coba kalau kelambatan kita tidak bisa diterima oleh rekan kerja kita, atau malah bos kita…? wah bisa gawat tuh. Nah oke bro… mari kita tingkatkan pengetahuan office kita bro… gak ada salahnya kan… terutama bagi kita yang memang berkecimpung disana. Tidak berkecimpung disana juga tidak ada salahnya kan… menambah ilmu dan siapa tau bisa membantu pekerjaan kita. Baik pekerjaan dikantor  atau dirumah. Oke bro…. semoga artikel ini bermanfaat. (IF)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 13, 2011 in Perenungan, Sharing Info

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

