RSS

PENGGANTIAN FILTER BISA MEMBUAT SUARA MESIN SEMAKIN GAHAR…?

13 Nov

filter.jpg
Bro… Kemarin saya membawa CS1 ane ke BERES. Biasa sudah waktunya si CS1 CekUp…hehe biasa saya berangkat pagi jam 07.30 wib, ntar nyampenya sekitar jam 8an. Saya yang datang pertama kemudian baru datang yang lainnya. Wah banyak juga yang mau service mungkin karena hari libur dan masih awal bulan.

Nah giliran CS1 sudah datang, sehingga saya menunggu di ruang tunggu dalam yang nyaman. Tidak beberapa lama sang mekanik memanggil saya dan mengajak saya ke tempat CS1. Mekanik menunjukkan bahwa filternya perlu di ganti. Nah biasanya jangka waktu penggantian tiap 15000 km nah si CS1 saya sudah 41400 belum pernah diganti. Oke ganti kata saya. Filter tersebut harganya 40000 discount 2000 sehingga menjadi 38000.

Setelah CS1selesai service nya kembali dilakukan pengecekan oleh kepala mekaniknya. Ketika di tes saya merasa kok bunyi si CS1 makin besar dan gahar ya..? Nah ketika saya sudah membawa si CS1 untuk pulang kerumah. Hal yang tadisaya dengar kembali terdengar. Raungan mesin CS1 terdengar lebih gahar… Setelah beberapa kilo meninggalkan BERES tadi, saya berfikir lebih baik kembali ke bengkel ah… Nanyain biar lebih jelas dan adem perasaan ini.
filter2.jpg
Sesampai di bengkel saya memanggil kepala mekaniknya lagi dan menanyakan permasalahan yang saya rasakan. Nah seperti dugaan saya, sang mekanik menjelaskan bahwa penggantian filter tersebut membuat suara lebih gahar, dan tarikan makin yahud… Akhirnya kebingungan saya terjawab…

Nah sebagai orang yang awam dalam hal otomotif, apa betul filter yang kotor dan diganti dengan filter baru nan bersih bisa merubah suara mesin semakin gahar…? Please bro… Kalau ada yang bisa menjelaskan, tolong dong… (IF)

Gbr from afmmuliajayaracing24.blogspot.com & http://www.honda-cs1.com

Dikirim menggunakan Wordmobi

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada November 13, 2011 in roda 2

 

Tag: ,

6 responses to “PENGGANTIAN FILTER BISA MEMBUAT SUARA MESIN SEMAKIN GAHAR…?

  1. ipanase

    November 14, 2011 at 9:35 am

    makin kencanggggggg

     
    • meitanteiamiterasu

      November 14, 2011 at 11:42 am

      tapi memang karena diganti filternya suara mesin jadi gahar bro…?

       
  2. penggemar ninja

    November 14, 2011 at 7:40 pm

    baru tau ganti filter suara makin gahar, biasanya ganti knalpot baru gahar..

    Piss

     
  3. meitanteiamiterasu

    November 14, 2011 at 7:50 pm

    saya juga gak tahu mas… makanya saya bertanya lewat artikel ini…. maklum gak paham otomotif… kemarin memang gak berbunyi seperti itu… tapi waktu ane beli second pertama kali sepertinya suaranya gahar juga… mgkin karena udah lama saya gak sadar, dan baru nyadar sekarang… Tapi memang bisa apa enggak bro… ane juga gak tau…

     
  4. aru_kun

    November 15, 2011 at 2:05 pm

    AFAIK, secara teori, pembakaran yang baik membutuhkan keseimbangan antara pasokan bensin dengan pasokan udara. Ada yang namanya AFR (air to fuel ratio, perbandingan udara dengan bahan bakar) tertentu – saya enggak hafal angkanya – yang diperlukan untuk mesin bekerja dengan baik. Sebut saja 14 (14 molekul udara : 1 molekul bensin).
    Nah, filter udara kotor menyebabkan jumlah pasokan udara berkurang. Ekstrim saja, cuma bisa menyalurkan 7 molekul udara. Akibatnya, bensin yang dapat terbakar oleh udara tersebut tinggal 0.5 molekul (hehehe). Otomatis besarnya ledakan di ruang bakar dan tenaga keluaran mesin yang dihasilkan menjadi kecil.
    Setelah filter udara diganti dengan yang bersih, pembakaran di mesin menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ledakannya lebih besar dibanding saat filter udara kotor, sepertinya ini yang membuat suara dari knalpot jadi lebih gahar🙂

     
    • meitanteiamiterasu

      November 15, 2011 at 2:27 pm

      akhirnya… ada yang memberikan penjelasan…. thanks bro… walauPun saya gak paham-paham kali… Yang jelas saya sudah tahu mekanismenya… Dan jawaban atas keheranan serta keragu-raguan saya sudah saya temukan dari jawaban brother… Saya pun teringat kembali saat pertama kali beli tu CS1 dgn kondisi second namun masih mantap… KM ketika itu masih 8800 an… Suaranya itu yang bikin saya kesemsem… Dan yakin ni motor bagus kondisinya. Maklum dulunya cma punya supra x… Dan jarang make motor lain sehingga gak ada pembandingnya… Se x lagi thanks bro…

       

Tinggalkan Balasan

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

