RSS

JALAN PINTAS PERAWANG-PEKANBARU

13 Nov

perawang pekanbaru

Bagi brother yang tinggal di perawang, kab siak dan sekitarnya, mungkin tidak asing dengan jalan pintas yang akan saya deskripsikan di artikel ini. Ya jalan pintas yang menghubungkan Perawang, (kec Tualang, Kab. Siak, Prov Riau) dengan Kotamadya Pekanbaru. Namun jalan pintas ini hanya bisa dilewati oleh motor. Jalan Pintas ini melewati perkebunan sawit PT. SIR. Rute didalam perkebunan PT. SIR ini berjarak 12 km, ditambah sekitar 20 km lagi menuju kota Pekanbaru. Sehingga jarak totalnya sekitar 32 km. Kalau kita melewati jalan besar maka akan menempuh jarak lebih kurang 60-70 km km. Kalau brother pilih lewat mana…? Dan kalau melewati jalan besar lebih rawan laka-lantas.

Saya baru mengenal jalan ini kurang lebih 2 tahun yang lalu dimana ketika itu saya berada di Pekanbaru dan hendak pulang ke Perawang. Alm. Ayah saya yang menuntun saya untuk melewati jalan ini. kami janjian di Danau Buatan Rumbai, Kec. Rumbai Pesisir. Nah awalnya pun saya tidak tahu dimana Danau Buatan Rumbai, akan tetapi saya menemukan lokasi danau butan tersebut dengan banyak bertanya. ” malu bertanya ya… jalan-jalan”.

Nah sesampainya di depan gerbang danau buatan rumbai ayah saya sudah menunggu disana dengan temannya. akhirnya kami mulai merintis jalan tersebut. Ketika itu hanya segelintir orang yang mengetahui jalan tersebut, berbeda dengan sekarang yang jalan tersebut sudah menjadi rahasia umum sehingga sudah banyak orang yang memanfaatkan jalan itu untuk menuju Pekanbaru atau menuju Perawang dan sekitarnya.

pos satpam perawang

Kalau dari Perawang jalan Pintas ini harus melewati pos satpam PT. SIR yang berada dekat dengan jembatan Sutan Syarif Hashim yang baru dibangun. Lebih kurang 2 km sebelum jalan tersebut kalau lewat Perawang. Satpam perkebunan itu sangat ramah dan memperbolehkan masyarakat untuk melintasi jalan mereka. Akan tetapi kita hanya boleh melewati jalan meraka dari pukul 06.30-19.00 WIB. Kondisi jalan ini khas jalan perkebunan yaitu tanah yang diberi sirtu. Mereka yang melintas diharapkan harus mematuhi rambu-rambu dan kecepatan berkendara. Namun kebanyakan bikers disini sering melaju melebihi ketetapan yang diharuskan. Saya pun kadang kadang heran, kok bisa ya mereka berkendara dengan kencang dengan kondisi jalanan seperti itu, yang rawan slip dan tergelincir. Mungkin skill berkendara mereka sangat mumpuni untuk melintasi jalan tersebut. Di wilayah perkebunan tersebut banyak sekali persimpangan sehingga rawan untuk kesasar terutama untuk mereka yang belum mengetahui rute arah ke Pekanbaru.

Rutenya kalau kita masuk dari pos Perawang maka kita lurus saja ketika ketemu simpang tiga belok ke kiri kemudian lurus.Ketemu simpang 3 (yang jalannya besar dan terawat cuma 3 jalan) lurus saja ketemu simpang 4 (yang ke 4 jalannya terawat) belok kanan, nanti ketemu simpang 4 lurus saja.

kondisi jalan yang dilalui

kondisi jalan yang dilaluii

Ketemu lagi simpang 4 tetap lurus. Kemudian jalannya mendaki. Ketemu simpang 3 (yang jalannya besar dan terawat cuma 3 jalan) belok kanan. Ketemu simpang 4 (yang ke 4 jalannya terawat) belok kanan. Nanti ada turunan dan tanjakan serta jembatan beton.

salah satu persimpangan

Kemudian ketemu simpang 3 (yang jalannya besar dan terawat cuma 3 jalan) belok kiri. Nah dari sini kita lurus saja sampai dengan ketemu pos satpam rumbai. sebelum melewati pos satpam ini kita akan melewati kubangan tanah kuning yang apa bila hujan sangat mengganggu,

Kubangan sebelum pos satpam rumbai

nih.. gambar kubangan lagi


jalan ketika hbs hujan.jpg

gerbang pos satpam rumbai dilihat dari arah perawang

gerbang pos satpam rumbai dilihat dari arah rumbai

Setelah melewati pos satpam rumbai kita akan ketemu dengan kebun sawit warga nah disini jalan memang agak membingungkan, akan tetapi kita bisa mengikuti jalan yang sering dilalui. Hal tersebut dapat terlihat dari tanah dan rumput-rumput tepiannya. Nah setelah keluar dari sawit warga belok kiri. Dan akan ketemu dengan simpang 3 pertama lurus saja nah pas disimpang tiga kedua belok kiri. Nah dari sini kita bisa lurus saja. Jalannya sudah aspal dan lurus.

jalan desa okura

Jalan ini sudah menuju ke danau buatan Rumbai. Jalan ini adalah jalan desa Okura, Kec. Rumbai Pesisir. oke bro… sudah bisa kan lewat jalan ini ke Pekanbaru…?

Yah itulah deskripsi dari jalan pintas Perawang-Pekanbaru. Ya… gak penting sih… akan tetapi semoga saja artikel ini berguna. (IF)

 
11 Komentar

Ditulis oleh pada November 13, 2011 in Place, roda 2, Sharing Info

 

Tag: , , ,

11 responses to “JALAN PINTAS PERAWANG-PEKANBARU

  1. Rifka Pardede

    Agustus 24, 2012 at 6:00 pm

    like this…

     
  2. bango

    Oktober 2, 2013 at 11:28 am

    mau nyobain tapi gak ada temennya nih

     
  3. meitanteiamiterasu

    Oktober 15, 2013 at 9:52 am

    mantap gan coba aja…. gak perlu temanpun gak papa….. ramai kok… tapi ya sekarang musim hujan… becek licin

     
  4. santosa

    Oktober 15, 2013 at 10:52 pm

    saya search temen lama.. eh, sepertinya dia di Perawang. daerah yang sama sekali baru bagi saya. saya belum pernah ke Sumatra. Bisa titip salam?

     
    • meitanteiamiterasu

      Oktober 16, 2013 at 6:37 am

      bisa bisa… memangnya agan dimana…. kalau saya tau dan ketemu ntar saya sampein

       
      • erma

        April 10, 2014 at 7:05 am

        Makasih infonya membuat orang tau bagaimana sulitnya perjalanan keperawang melewati PT. SIR! Alhamdulillah kami udah melewatinya selama 4 tahun setiap hari kecuali hari minggu. Lebih cepat nyampe dn kurangny lakalantas disana cm harus hati2 krn banyak rintangan baik jalan maupun satwa ny…hihihihihi

         
        • meitanteiamiterasu

          April 10, 2014 at 7:22 am

          Ya mbak… Saya pun dulu waktu masih tinggal di perawang… Sering lewat jalan tersebut… Walaupun sesekali ada kriminal disana… Tetap orang.. Mau lewat sana

           
  5. dowi

    Mei 31, 2014 at 8:36 am

    Terima kasih infonya gan….bisa dicoba nih…moga sukses selalu gan…

     
  6. cunputra

    Mei 30, 2015 at 1:57 pm

    nebeng donk mo perawang ne.. jemput depan kampus uin sukajadi ya jam 3 sore hari ini.. trims

     
  7. nafasdalam2616

    Agustus 11, 2016 at 10:12 pm

    Rumit banget .. skrg udah dibeton lancarrr 1 jam ..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

%d blogger menyukai ini: