RSS

SESEKALI KITA TIDAK PERLU NGIKUTI MEKANIK BRO….

10 Nov

cs1.jpg
Sudah beberapa minggu ini CS1 ane rantainya bermasalah. Sudah disetel rantai tidak berapa lama eh kumat lagi. Permasalahannya ketika dibejek gas tiba-tiba sering lari rantai dari sprocket-nya. Wah apa nih yang salah…?

Minggu kemarin ketika saya hendak pergi ke Pekanbaru melewati jalan sawit perusahaan, eh kumat lagi tuh masalah. Motor gak bisa dibawa kencang dan kalau mau mendaki sering lari rantai dari gigi sprocketnya.. Malahan dekat tanjakan terakhir tidak bisa sama sekali, wah padahal hari sudah mau magrib nih.. Saya turun dari motor saya setel rantai sendiri alhamdulillah bisa. Tetapi setelah keluar dari jalan sawit tersebut, kumat lagi deh penyakitnya.

Nah keesokan harinya saya samperin salah satu bengkel yang biasa saya datangin. Memang bukan BERES sih. Nah saya tanya sama mekaniknya dan jelaskan permasalahan motor saya. Ya si mekanik bilang ini harus diganti gigi tariknya bang (Gigi tarik di sini artinya sprocket sebagian daerah lain lagi bahasanya). “Wah masa iya bang.. Apa bukan karena rantainya..? Karena sejak saya potong rantai masalah ini sering muncul” kata saya pula. Saya berfikir jangan-jangan rantainya tidak ketemu dengan gigi sprocket lantaran ukuran pemotongan tidak sesuai. “gak mas ini karena sprocketnya, mau ganti sprocket tanyain sma bos didalam”. Saya tanyain deh sama si bos. Ada 3 pilihan sprocket, pertama merek cina kalo gak salah saya lupa namanya, harganya 150 rb, merk indoparts harga 160rb, dan asli honda 250rb, itu semua sudah termasuk ongkos pasang.

Setelah banyak tanya sama si bos.. Saya memutuskan tetap gak jadi beli. Eh kebetulan di bengkel itu ada kenalan saya, ngobrol bentar lantas saya tanyakan apa sprocket saya itu sudah habis bro…? Ah gak lah bro dari jauh saja masih nampak kok gigi-giginya. Wah saya bertambah PD untuk tidak membelinya..

sprocket belakang cs1.jpg
Tuh gambarnya masih ada kan giginya…?

Setelah nyampe di rumah saya coba untuk jadi motor amatir. Saya setel kembali rantainya. Saya tes kembali, nah ketika gas nya saya naikkan tiba-tiba.. Kembali bunyi khas rantai yang meleset dari sprocketnya. Nah saya coba bongkar buka cover bodi CS1 yang berwarna perak disamping pijakan kaki. Nah saya intip deh dari situ sprocket depan yang kecilnya.

Wah ternyata dan ternyata sprocket yang depan sudah gundul.. Wah jadi ini sepertinya akar masalah dari kemarin. Apa bisa ini saja yah yang diganti. Nah akhirnya tadi siang say coba ke bengkel dekat rumah. Dan minta ganti sprocket depan. Simontirnya bilang “ganti gigi tarik nya ya..?” “Wah enggak bang… Cuma sprocket depannya saja. Ada kan barangnya”. Ada tapi di cek dulu cocok sama sprocket mana tuh CS1. Nah setelah dibuka baru tuh montir percaya gak perlu ganti semuanya. Karena sprocket depan memang sudah betul-betul gundul.

sprocket.jpg
Gambar diatas adalah contoh sprocket yang masih bagus(nyomot dari om go alias om google). Saya lupa ambil gambar, karena gak bawa hape.

Nah sprocket depan yang cocok buat CS1 saya adalah sprocket mega pro. Dan itu pun harganya 20rb, bandingin bro kalau saya ganti sprocket satu paket dengan harga 250rb yang ori. Karena biasanya saya ganti yang ori. Dan penggantian terakhir saya bulan april kemarin. Kok bisa ya sprocket depan KO duluan dengan perbandingan yang signifikan…?
intip sprocket depan cs1.jpg
Gambar sprocket CS1 yang baru diganti, di intip bro..hehe

Analisis ecek-ecek saya mungkin karena banyaknya kotoran di ruang sprocket depan tersebut (sayang tadi saya tidak bisa ambil gambar) yang bercampur dengan gemok/oli. Dan satu lagi memang selama ini saya selalu memberi pelumas untuk sprocket yang belakang.

Tapi yang menjadi pelajaran berharga buat saya, untuk tidak memakan mentah-mentah omongan mekanik, karena mekanik juga manusia…
Oke bro… Semoga artikel ini berguna.(IF)

Dikirim menggunakan Wordmobi

 
7 Komentar

Ditulis oleh pada November 10, 2011 in roda 2, Sharing Info

 

Tag: ,

7 responses to “SESEKALI KITA TIDAK PERLU NGIKUTI MEKANIK BRO….

  1. azizyhoree

    November 10, 2011 at 8:05 pm

    mas, itu sprocket belakang juga udah mulai tajam gitu kok , ganti sekalian aja, tahukah anda penggantian salah satu sprocket saja, namun disisi lain sprocket belakang juga sudah mulai aus, akan memperpendek umur sprocket depan , dibanding kan jika ke 2 nya masih sama-sama bagus 😛

     
    • meitanteiamiterasu

      November 10, 2011 at 8:22 pm

      Thanks bro saran dan sudah ngingatin…
      Nah ini salah satu kebingungan saya bro… Dulu saya mengganti sprocket belakang kondisinya seperti itu, tapi setelah saya bawa pulang ke rumah dan lihatin ma teman. Di bilangnya wah itu masih bagus bro… Dan satu lagi yang ane bingung ada bengkel resmi yang,langsung nyaranin saya ganti sprocket ketika kondisinya seperti itu… Dan ada juga bengkel resmi tidak nyaranin mengganti.. Bila betul2 perlu diganti biasanya bengkel resmi ini baru nyaranin saya mengganti suatu onderdil.. Nah bengkel resmi yang kedua merupakan bengkel resmi terkemuka dikota saya. Pernah klakson motor saya macet… Cuma diotak atik baik lagi… Kemudian kumat lagi… Saya perbaiki lagi.. Setelah itu kumat lagi.. Pertamanya akhirnya dia menemukan masalah bukan pada klaksonnya secara keseluruhan cuma setingannya… Makanya saya sangat puas ke BERES tersebut.. Sebentar lagi waktunya saya service saya mau lihat BERES langganan saya ini nyaranin tidak yah… Nah gitu mas bro yang membuat saya bingung… Masalah kapan saya harus mengganti sprocket…..

       
  2. Pak Bambang Nunggang Byson

    November 10, 2011 at 9:12 pm

    mulai nabung buat 250rb, atau ganti motore sekalian, tapi jangan byson ntar jamuran nunggunya

     
    • meitanteiamiterasu

      November 10, 2011 at 9:52 pm

      wkwkwkw… iya saya bukan tipe orang yang sabar seperti pak bambang… yang terpaksa harus sabar inden 6 bln…
      duit buat ganti satu paket sprocket ori ada sih pak… tapi saya sampai sekarang bingung patokan mengganti sprocket itu kapan.. dan kebanyakan orang setelah hampirl gundul baru ganti… dan saya pun menemukan BERES yang tidak sama persepsinya terhadap penggantian tuh sprocket…

      nah saya pingin para blogger otomotif yang senior dan berpengalaman, buat dong artikel kapan sebaiknya sproket itu diganti… mungkin sudah ada kali yah… cuma sayanya yang tidak tahu… kalau gitu lik nya deh….

      thanks atas kunjungannya pak bambang

       
  3. ipanase

    November 11, 2011 at 7:05 am

    asekkk lah,.,,,,,tapi mana boleh dapet sporket depan asli???masa jual terpisah

     
    • meitanteiamiterasu

      November 11, 2011 at 7:14 am

      Ya iya palingan yang kw berapa… Tapi ya gak papalah nunggu ampi kedua-duanya gundul….

       
  4. Rowan Tambun

    Agustus 7, 2012 at 3:19 am

    sip,
    sdikit info punya saya tahan 36000km dgn pemakaian motor normal…
    perawatan Cukup Cuci rantai dan Sprocket ( Gigi tarik) Dpn/belakang.
    Gigi tarik belakang tak usah dilepas, cukup di sikat atau di kuas sampai bersih dengan cairan bensin.
    [Bensin Tok kurang lebih 2 liter (sesuai kebutuhan)].
    semuanya Direndem dalam Ember dengan bensin 500-700 ml pada pencucian pertama, pembilasan kedua dengan bensin 500-700ml tapi di Tambah air + sabun Colek/detergen(rinso), dengan perbandingan 1:1:1, 500ml bensin:500ml air : 1 sachet detergen kecil atau 100gr sabun colek, semuanya dicampur dalam ember sampai homogen(menyatu) lalu cuci rantai lagi dengan kuas/sikat beserta sprocket(gigi tarik) sampai bersih, dan jangan lupa membersihkan penutup rantai serta rumah sprocket depan. dan sisanya bensin di pakai untuk bilasan terakhir, lalu tiriskan atau Keringkan.
    pasang Sprocket dan rantai, lalu lumasi dengan chain lube atau oli mesin Baru tau bisa juga dengan oli mesin diesel yang bisa di beli Kurang lebih 12ribu/liter.

    smoga bermanfaat.
    Nb: -berlaku pada setiap motor
    – lakukan perawatan pada 4000km/5000km Atau rantai Sudah kotor di selimuti tanah
    atau kotoran sisa minyak pelumas.

     

Tinggalkan Balasan

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

