RSS

SEJARAH PENYEBARAN BUAH NAGA

09 Nov

kebun buah naga

Buah naga sudah menyebar luas ke penjuru dunia. Daerah asal kaktus hutan yang buahnya berwarna merah dan bersisik ini adalah  Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Utara. Didaerah asalnya tersebut buah naga atau dragon fruit ini dinamai Pitahaya atau Pitaya roja . Penduduk Indian sering memanfaatkan buah yang berasa manis agak asam ini sebagai buah meja atau buah yang dikonsumsi segar.

Memang buah naga berasal dari Amerika. Namun, tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman dari Asia. Ini disebabkan buah naga dikembangkan secara besar-besaran di Asia seperti Vietnam dan Thailand. Sebenarnya buah naga masuk kedaratan Asia, yaitu Vietnam oleh orang Prancis sekitar tahun 1870 yang dibawa dari Guyana, Amerika Selatan. Masuknya tanaman ini ke Vietnam sebenarnya ditujukan sebagai tanaman hias. Dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena batangnya berbentuk segi tiga dan berduri sangat pendek sehingga tampak seperti tanpa duri. Keunikan batang itulah yang membuatnya dapat menjadi hiasan karena umumnya batang tanaman berbentuk bulat ataupun segi empat. Ditinjau dari bunganya pun tanaman ini sangat unik sehingga menambah keindahan sebagai pajangan. Bunga berbentuk corong mulai mekar saat senja dan akan mekar seluruhnya saat tengah malam. Tidak heran kalau tanaman ini pun dijuluki night blomming cerus, dan baunya sangat harum.

Nama dragon fruit di Asia disebabkan oleh fungsi buahnya. Oleh masyarakat cina kuno sering meletakkan buah tanaman ini diantara dua ekor patung naga berwarna hijau  diatas meja altar. Tradisi religius ini sangat dipercaya oleh masyarakat cina kuno akan membawa berkah. Warna merh menyala dari buah naga tersebut sangat mencolok dia antara patung naga hijau sehingga memunculkan nilai estetika. Mungkin tradisi religius inilah yang mendasari julukan thang loy, dragon fruit, atau buah naga.

Memang tujuan awal masuknya tanaman ini dari Vietnam dan sekitarnya adalah sebagai tanaman hias. Namun, setelah dikembangkan, masyarakat Vietnam mulai meliriknya bukan sebagai tanaman hias, tetapi tanaman buah. Ini terjadi setelah masyarakat mulai mengetahui bahwa buahnya dapat dimakan seperti halnya yang dilakukan masyarakat Meksiko dan Indian. Bukan hanya dapat dimakan, tetapi memang rasa buahnya enak sehingga digemari masyarakat Cina dan Vietnam. Akibatnya, didaerah tersebut tanaman ini dikembangkan untuk diambil buahnya.

Di Indonesia, buah naga mulai dikenal sekitar pertengahan tahun 2000, itu pun bukan hasil budi daya di negeri sendiri, tetapi hasil impor dari Thailand. Padahal sebenarnya pembudidayaan tidaklah sulit. Apalagi iklim Indonesia sangat mendukung pengembangannya.

Daerah di Indonesia yang hingga kini sudah mengembangkan tanaman buah naga ialah Pasuruan, Jember, Mojokerto dan Jombang. Daerah yang diketahui pertama kali menanam tanaman buah naga adalah Pasuruan ke arah Tosari, daerah desa poh gading, kecamatan Pasrepan. Tidak jelas siapa yang pertama kali membawa  dan menanamnya di Indonesia. Namun, umumnya tanaman ini ditanam pertama kali oleh hobiis tanaman yang bereksperimen dan mengembangkannya. Buah naga mulai dikembangkan di Indonesia pada tahun 2001. Hingga kini luas areal penanaman ini relatif sedikit. Hal ini dapat dimaklumi karena tergolong langka.

Sumber : Kristanto, D. 2008. Buah Naga Pembudidayaan di Pot dan Kebun. Penebar Swadaya. Jakarta.

 

Itu kutipan dari sumber diatas bor… kalau mau lebih lengkap beli bukunya….. hehe…

Nah bro sekarang buah naga atau dragon fruit ini sudah banyak orang yang membudidayakannya. Tempat saya di Riau pun sudah banyak, begitu juga di kampung orang tua saya Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Hal itu tentu saja karena iklim dan kondisi tanah di Indonesia memungkinkan untuk tanaman tersebut tumbuh. Sooo ada yang berminat untuk membudidayakannya….? (IF)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada November 9, 2011 in Sharing Info

 

Tag: , , ,

2 responses to “SEJARAH PENYEBARAN BUAH NAGA

  1. SihatSelalu

    November 20, 2011 at 11:16 pm

    lagi info tentang buah nagaKhasiat Buah Naga

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

%d blogger menyukai ini: