RSS

DELAPAN HALANGAN MENJADI KAYA (Bag-8 Tamat)

03 Okt

8. BERINVESTASI DI TEMPAT YANG SALAH

Orang berinvestasi pasti dengan tujuan menerima return yang bisa dijadikan tambahan penghasilan untk melipatgandakan modal atau untuk memperkuat portofolio investasi. Dalam merancang suatu investasi, perhitungan dan pertimbangan yang masak sangat diperlukan supaya tidak salah langkah. Seringkali orang salah dalam memutuskan investasinya karena lima hal berikut.

a.      Kurang Informasi

Tidak cukup informasi yang diperlukan mengenai bidang usaha yang akan dimasukinya akan mendatangkan resiko yang besar. Misalnya informasi tentang besarnya pasar, pola persaingan, siapa dan karakteristik konsumennya. Bagaimana dengan pemasoknya? Bagaimana dengan teknisnya ? Bagaimana dengan ROI (Return On Investiment, pengembalian modal investasi yang sudah dikeluarkan), menarik dan tidak?

Kurang informasi akan mengandung resiko salah dalam membuat keputusan yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerugian.

 b.      Salah Informasi

Salah dalam informasi yang diterima akan sama halnya dengan informasi. Informasi yang salah akan menjerumuskan anda dalam membuat perhitungan dan membuat keputusan.

c. Salah Memprediksikan Hasil

Kesalahan terbesar dalam memprediksikan hasil suatu investasi adalah salah dalam membuat kalkulasi dan membuat estimasi awal. Biasanya hal ini terjadi karena terlalu optimis dalam memperkirakan hasil atau memperkirakan laba. Estimasi yang terlalu optimis akan semakin sensitif terhadap penyimpangan yang terjadi. Misalnya ketika target pendapatan tidak tercapai sementara biaya telah dikeluarkan maka perusahaan atau orang tersebut dapat dipastikan merugi. Berbeda halnya jika estimasi awal dibuat lebih moderat (berimbang) dengan anggaran biaya lebih rendah maka penyimpangan pendapatan tidak berakibat kerugian yang besar. Salah perhitungan menyebabkan investasi itu rentan terhadap kerugian. Sementara itu estimasi yang terlalu pesimis akan menampilkan perhitungan yang kurang menarik, sehingga investasi tersebut menjadi kurang layak untuk dijalankan.

Salah perhitungan kerap terjadi bila perencanaan investasi dibuat tergesa-gesa sehingga ada unsur-unsur biaya yang terlupakan. Misalnya, beban penyusutan aset, bunga pinjaman, biaya distribusi, dan sebagainya.

 

d.      Tidak Menguasai Bidang

Kurang menguasai bidang investasi yang dimasuki akan menyebabkan anda meraba-raba dalam membuat keputusan. Bahkan, seringkali anda melewatkan peluang-peluang yang ada karena kekurangtahuan. Kalau anda akan berinvestasi ke suatu bidang usaha yang tidak dikuasai, sebaiknya gunakan jasa konsultan yang ahli dibidang itu atau bekerja sama dengan orang yang anda percayai dan terbukti telah berpengalaman dibidang tersebut.

Berinvestasi tanpa menguasai bidang akan cukup berisiko. Anda harus ekstra hati-hati dan mau mempelajari bidang baru yang akan anda masuki itu. Kurang mengusai bidang investasi akan berakibatkan salah satu dalam berinvestasi.

 e.       Terlalu Berani Berspekulasi

Sering terjadi orang mengalami kerugian dalam berinvestasi bukan karena kurang tahu, tetapi karena terlalu berani dalam berspekulasi. Selalu gunakan kepala dingin, tidak emosional, dan tidak dilandasi pemikiran serakah yang ingin cepat berhasil dan memperoleh hasil yang besar dalam memutuskan setiap permasalahan. Kalau anda ingin berspekulasi, paling tidak dilakukan perhitungan yang matang sehingga resiko yang anda hadapi adalah calculated risk (suatu resiko yang sudah dikalkulasi dan dikalkulasi dan dipertimbangkan dengan matang).

Ada baiknya sebelumnya membuat keputusan yang mengandung unsur spekulasi, anda juga berfikir dari sisi yang lain sebagai Devil Advocate, yaitu berfikir dengan menentang dan mencari kelemahan rencana investasi itu. Dengan demikian, anda akan mendapatkan pertimbangan yang lebih seimbang untuk mengurangi resiko berspekulasi dalam berinvestasi. Kesalahan dalam berinvestasi pasti akan memporak-porandakan keuangan dan dapat menjurus kepada jebajkan hutang yang akan menghambat usaha anda menjadi kaya. Oleh sebab itu, rencanakan dan buat perhitungan yang maatang sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, supaya tidak memasuki investasi yang salah.

Pada dasarnya, orang terhambat menjadi kaya karena kurang bijaksana dalam mengelola keuangan sehingga uangnya tidak dapat terbentuk menjadi modal untuk usaha. Salah satu syarat untuk menjadi seorang pebisnis dalam memulai suatu usaha baru adalah kecukupan modal. Tanpa kecukupan modal, suatu bisnis akan sulit berkembang . banyak energi dan pikiran yang akan tersedot untuk mengelola cash flow (perputaran uang) dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, suatu perusahaan yang kaut permodalannya akan punya banyak peluang untuk maju dan berkembang. Energi dan pikiran pengelolanya dapat lebih terfokus pada startegi pengembangan perusahaan. Namun, modal bukan segala-galanya bagi anda yang ingin pebisnis ulung. Banyak cara dapat ditempuh untuk memulai suatu usaha walaupun modal anda sangat terbatas.

Mengelola uang secara bijaksana bukan berarti hidup pelit dengan tujuan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya memegang uang dalam jumlah besar tidak selalu aman tanpa resiko. Cara mengelola aset yang baik pada dasarnya adalah mengalokasikan modal untuk sesuatu yang produktif, sesuatu yang nantinya mendatangkan hasil (return) menarik. Sebaliknya, menggunakan uang untuk keperluan yang bersifat konsumtif pasti akan mengurangi modal anda, sehingga tercerai berai dan tidak produktif.

 

Saran-saran

ü  Rencanakan investasi anda cermat. Dapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya untuk menunjang perencanaan itu, dan buatlah perhitungan yang cermat sebelumnya anda memutuskan berinfestasi.

ü  Hindari terlalu optimis atau terlalu pesimis dalam membuat perhitungan rencana infestasi.

ü  Kuasai bidang infestasi untuk membandingkan untuk mempertimbangkan apakah investasi itu menguntungkan.

 

SUMBER : Sugianto, H. 2007. Banyak Cara Menjadi Kaya. Penebar plus. Jakarta

 TAMAT

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 3, 2011 in Sharing Info

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

%d blogger menyukai ini: