RSS

wah… waktunya ganti oli neh…

03 Okt

Wah waktunya ganti oli neh…. Km si CS1 telah menunjukkan angka 40010, sebelumnya saya mengganti oli pada Km 36470, jadi sudah 3540 km pemakaian. Minggu pagi saya meluncur ke bengkel langganan tempat membeli oli. Lokasinya di Jalan Durian, Pekanbaru. Seperti biasa saya menanyakan ketersediaan olinya dulu. Olinya ada tapi harganya nik 10 ribu, biasanya saya membeli 150 ribu, nah sekarang jadi 160 ribu. Masak naik sih… jadi saya tanyakan lagi harganya… rupanya abang tersebut salah liat yang 160 rbu itu oli shell helix, yang saya mau itu oli shel advance ultra…. meleset nih abang…. bukannya oli shell helix bua mobil ya…? kata si abang tersebut banyak yang beli buat balapan…? setau saya kopling mobil dan kopling motor kan beda…?Jadi bingung…

Mau minta di isikan para montirnya pada sibuk… Jadi saya inisiatif untuk ganti sendiri saja.. Sekalian menerapkan ilmu yang didapat dari baca-baca blog R2. Sesampai dirumah saya langsung mencari perkakas yang diperlukan, Tang, kunci-kunci. Mau buka baut bawahnya rupanya gak ada kunci yang cocok. Sepertinya kunci yang cocok kalau tidak nomor 18 mungkin nomor 17 nih..

Saya coba minjam ke tetangga sebelah siapa tau ada. Alhamdulillah ternyata ada kunci yang cocok milik sebeleh. Kunci yang cocok itu nomor 17. Bautnya diputar, setelah lepas olinya mengucur keluar. Oia olinya saya tampung didalam baskom bekas.

Olinya masih hangat…. Pastikan olinya keluar semua. (Dulunya ketika saya ganti oli pada saat pemakaian 2000 km dan 3000 km, oli bekasnya masih meninggalkan warna kekuning-kuningan walaupun warna hitamnya masih mendominasi. Terutama pada pemakaian 2000 km, masih kekuningan bro….) Si CS1 kemudian saya miringkan ke kiri dan ke kanan untuk memastikan olinya ke luar semua. Setelah keluar lebih kurang 1 jam an lah, kemudian oli shell advance ultra yang baru saya isikan kedalam si CS1.

pengisian oli

Setelah terisi sampai oli baru yang didalam botolnya habis, penutup tempat olinya dipasang kembali. Oli bekas tadi saya maukkan kedalam botol shell advance ultra yang telah kosong, untuk kemudian dibuang ketempat sampah.

Ingat Bro oli tersebut termasuk limbah juga… jadi jangan dibuang sembarangan apa lagi kedalam selokan.

Akhirnya proses ganti oli sendiri untuk pertama kali selesai. Begini cerita saya bagaimana cerita anda…? sharing dong bro….

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 3, 2011 in roda 2, Sharing Info

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

