RSS

DELAPAN HALANGAN MENJADI KAYA (Bag-6)

27 Sep

6. BERSPEKULASI TANPA PERHITUNGAN MATANG

Seringkali orang berusaha untuk mendapatkan percepatan (akselerasi) dalam usaha meraih sukses dan kaya dengan menempuh cara instan, misalnya denagan melakukan spekulasi. Dalam berspekulasi, orang hanya membayangkan hasilnya yang besar. Jarang sekali mereka mempertimbangkan sisi resikonya. Pada umumnya mereka yakin terhadap perkiraan yang sering kali terlalu optimis tanpa landasan perhitungan yang memadai.

Salah satu tindakan spekulatif yang patut diwaspadai adalah berspekulasi dalam menginvestasikan uang diiming-imingi bunga tinggi dan cepat balik modal. Misalnya tawaran-tawaran yang sangat menggiurkan seperti penitipan modal.

Hanya dengan menyetor Rp. 10.000.000,00 dalam waktu tiga bulan modal akan dikembalikan dua kali lipat. Tentu tawaran seperti ini sangata menarik, walaupun agak mencurigakan mengingat bunga deposito hanya berkisar 8% per tahun. Investasi seperti ini tergolong beresiko besar sehingga bisa membawa anda masuk kedalam jebakan kerugian. Banyak orang  tergiur untuk melakukan investasi semacam ini.

Untuk menarik banyak peminat, awalnya proses balik modal memang berjalan lancar. Uang anda dikembalikan beberapa kali lipat sesuai dengan jadwal dan jumlah yang dijanjikan. Karena semua berjalan lancar maka dari mulut ke mulut tersiarlah kabar perihal peluang emas ini sehingga orang berlomba-lomba mengumpulkan uang untuk dititipkan ke lembaga atau yayasan yang bersangkutan. Tak jarang orang berani mencari pinjaman untuk ditanamkan pada yayasan atau lembaga tersebut. Setelah berjalan cukup lama dan jumlah putaran uang membesar, maka dapat dengan mudah ditebak: pengurus yayasan atau lembaga tersebut raib dengan meninggal hutang. Spekulasi seperti ini mudah ditebak arahnya karena pemberian bunga yang dijanjikan teramat besar dan tidak masuk akal. Dari mana yayasan itu mendapat dana untuk membayar kembali investasi dan bunganya yang besar?

Termasuk dalam spekulasi semacam ini adalah jenis-jenis money game dan arisan berantai yang hanya menguntungkan orang-orang pada posisi piramida saja. Sementara itu orang pada posisi terbawah ketika permainan ini berhenti adalah orang-orang yang paling dirugikan karena uangnya tidak akan kembali.

Spekulasi jenis lain yang sering mencelakakan adalah bermain saham di pasar modal tanpa perhitungan yang cermat. Banyak orang yang karena latah atau ingin mendapatkan uang dalam jumlah besar secara instan mencoba berspekulasi disanan. Pada awalnya, mereka bermain kecil-kecilan dan masih berharap coba-coba. Namun, ketika sudah merasa nyaman dan beberapa kali memperoleh keuntungan-keuntungan kecil, mulailah ambisinya yang ingin cepat kaya mempengaruhi investasinya. Ia mulai berinvestasi dalam jumlah besar saat iya yakin saham yang diminatinya akan melonjak nilainya. Pertimbangannya menjadi tidak rasional lagi karena mereka merasa ini adalah peluang baik yang tidak boleh dilewatkan dengan minimnya waktu yang tersedia untuk berfikir dan menganalisa. Hanya mengandalkan intuisi, ia yakin perkiraannya tidak akan meleset seperti pengalamannya. Resiko salah perhitungan dan kerugian diabaikannya. Ia mengerahkan seluruh modalnya untuk membeli saham itu. Ketika saham yang diborongnya tidak naik nilainya, bahkannya merosot terus-menerus, maka kerugian hebat membayang di depan mata.

Jebakan-jebakan spekulatif seperti ini mudah dikenali dan mudah dihindari kalau saja orang tidak serakah dan dapat berfikir rasional dengan mengurangi unsur spekulatif. Pada dasarnya, tidak ada orang yang sukses dan kaya secara instan. Semuanya butuh proses , kerja keras, perhitungan yang cerdik, serta ketekunan. Kebiasaan berspekulasi tanpa perhitungan yang matang akan menjadi penghalang menuju kaya.

Saran-saran:

ü  Hindari spekulasi tanpa perhitungan yang matang, karena hanya akan menghambur-hamburkan uang Anda.

ü  Sukses dan kaya akan mengikuti bila Anda sudah bekerja dengan keras, cerdik, dan tekun

 

BERSAMBUNG……

 

Sumber : Sugianto, H. 2007. Banyak Cara Menjadi Kaya. Penebar plus. Jakarta


 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 27, 2011 in Sharing Info

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

%d blogger menyukai ini: