RSS

BENARKAH MINUMAN ENERGI, BERENERGI….?

22 Jun


Benarkah ketika anda meminum minuman berenergi anda merasakan energi anda bertambah…? Masak sih…? Masak iya…?

Sebenarnya energi yang kita dapatkan itu dari mana…? Bro taukah anda bagwa sebenarnya dan sesungguhnya energi yang kita dapatkan itu dari karbohidrat, protein dan lemak…? Karbohidrat yang terutama. Karena karbohidrat yang kita dapatkan dalam makanan itu yang memberikan energi bagi kita. Kita orang indonesia biasa memakan nasi sebagai makanan pokok. Nah nasi itu sebagai sumber karbohidrat kita.. Dengan kata lain nasi yang kita makan itu sebagai sumber energi. Ketika didaam tubuh kita tidak memiliki karbohidrat maka unsur yang dipakai untuk kita beraktifitas adalah protein dan lemak. Makanya kalau kita jarang makan kita bisa kurus.. Karena cadangan makanan kita terpaksa diambil dari unsur lain seperti protein dan lemak. Dimana protein sebagai zat pembentuk/pembangun tubuh, pembentuk sel-sel dalam tubuh, dan lemak sebagai cadangan energi.

Kembali ke minuman berenerginya.. Jadi apakah energi kita bertambah ketika meminumnya…? Ada gak unsur energi didalamnya..? Coba perhatikan. Kalau saya liat sih ada juga kandungan karbohidrta didalamnya.. Tapi apakah mencukupi sebagai sumber energi… Ya enggak lah… Nah tapi mengapa kita seolah-olah berenergi ketika meminumnya…? Why…?

Pertama mungkin karena penyampaian terhadap produk ini yang diterima oleh para pemakainya… Liat gak iklan-iklan yang ditampilkan oleh minuman berenergi ini… Para pekerja keras yang kembali ber STAMINA ketika meminumnya… Nah itulah yang menjadi mindset pertama oleh para peminumnya… Dengan minum minuman ini kita akan kembali berstamina, kita akan kembali berenergi….

Kedua dan yang paling utama, bahwa sebenarnya kandungan dari minuman berenergi itu yang membuat kita seoolah-olah kembali berenergi.. Coba anda cek komposisi dari minuman berenergi itu.. Kalau saya liat sih ada caffeine nya, nah itulah salah satu yang menyebabkan kita seolah-olah kembali berenergi.. Caffeine merupakan salah satu bahan penyegar yang berfungsi untuk stimulasi sistem saraf pusat, stimulasi sistem metabolisme, menyerap karbohidrat. Stimulasi sistem syaraf pusat yang meningkat akan meningkatkan alertness (kewaspadaan) wakefulness (terjaga), kecepatan dalam berfikir, fokus dan koordinasi tubuh yang baik. Nah efek inilah yang membuat kita seolah-olah kembali berenergi… So bukan energi yang kita dapatkan dari minuman berenergi.

Taurine juga terdapat dalam komposisi minuman berenergi dimana taurine dapat menurunkan kadar gula darah, mencegah kelelahan otot, memperbaiki kerusakan hati akibat mengkonsumsi alkohol. So sekali lagi bukan menambah energi. Tapi ketika kita capek bekerja dengan minuman berenergi dapat menguragi kelelahan pada otot. Sekali lagi bukan energi yang kita dapatkan..

So brother cermatilah ketika mau mengkonsumsi sesuatu. Jangan mudah termakan iklan. Dan janganlah mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Biasakan untuk mendifferensiasikan makanan.

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 22, 2011 in gizi, Kesehatan, Sharing Info

 

Tag: , ,

8 responses to “BENARKAH MINUMAN ENERGI, BERENERGI….?

  1. AAA

    Juni 22, 2011 at 4:25 pm

    baca dulu….. pake petromax……………..

     
  2. meitanteiamiterasu

    Juni 22, 2011 at 5:57 pm

    pasti pertamax bro… thanks dah mampir…

     
  3. gafuri46

    Juni 23, 2011 at 5:19 am

    makasih infonya bro.. ^_^ b

     
  4. earphane

    Juni 23, 2011 at 10:50 pm

    Oh berarti minuman tersebut sama saja dengan secangkir kopi ya. Pantesan kalo minum kopi serasa bertambah energi hehehe, tapi kalo ane minum minuman “energi” kok malah pusing ya gan, cocoknya ngopi:mrgreen:.
    Oya kalo karbohidrat penghasil energi kenapa justru setelah makan malah bikin ngantuk dan lemes ya?

     
    • meitanteiamiterasu

      Juni 24, 2011 at 5:48 am

      kayaknya bro earpane penikmat kopi nih….xixixi.. nah karbohidrat sering membuat kita ngantuk karena proses perombakannya untuk merubahnya menjadi energi… nah proses perombakan ini membutuhkan oksigen yang lebih banyak, dan hal tersebutlah yang membuat kita menguap dan mengantuk… Gituloh bro…..

       
  5. cyediq

    Juni 24, 2011 at 10:48 pm

    karena begitu kita makan, tubuh akan mengalokasikan supply darah kita yang semula merata di seluruh tubuh menjadi lebih banyak ke sistem pencernaan untuk penyerapan zat2 gizi yang ada pada makanan. Berarti supply darah ke otak juga akan sedikit berkurang,otomatis supply Oksigen ke otak juga ikut menurun.. makanya kita jadi ngantuk setelah makan.
    Salam kenal.

     
    • meitanteiamiterasu

      Juni 25, 2011 at 5:41 am

      wah penjelasan mas cyediq lebih terperinci mas
      earphane… thanks mas atas tambahan
      penjelasannya untuk mas earphane… salam kenal..
      thanks dah mampir…

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

%d blogger menyukai ini: