RSS

PENGELUARAN-PENGELUARAN YANG PERLU DICERMATI

10 Jun


Dikutip dari buku “dosa-dosa orang tua terhadap anak dalam hal finansial” dimana pengeluaran yang perlu di cermati adalah :

1. Pengeluaran biaya komunikasi.
Pada saat sekarang komunikasi hampir menjadi kebutuhan primer. Rata-rata semua orang sudah mempunyai Handphone. Berbagai macam provider menawarkan tarif murah yang menggoda. Walaupun sudah murah akan tetapi hal tersebut yang membuat hampir pasti sang pemilik hape memakai pulsanya. Dengan nominal yang berbeda-beda. Dulunya mungkin kita sering berfikir berkali-kali untuk memakai pulsa kita. Tapi sekarang…. Mengalir dengan mudah. Karena itu pakailah pulsa dengan bijak.

2. Barang elektronik & transportasi.
Barang Elektronik yang keluar akhir-akhir ini membuat banyak orang yang tergiur untuk membeli. Begitu juga kendaraan bermotor. Barang yang baru keluar beberapa bulan kemudian keluar versi barunya. Contohnya HP, Laptop, camdi, motor, dll. Jadi belanjakan keuangan nda dengan bijak, belilah barang sesuai kebutuhan dan apabila betul-betul butuh.

3. Belanja baju dan aksesoris.
kebiasaan ibu-ibu, remaja putri dan putra, dan bapak-bapak juga melakukan hal ini. Membeli baju, sepatu, tas, setiap bulan yng mengikuti mode. Jadi tentu saja anda harus dituntut untuk rasionl dalam membelanjakan uang anda, kalau hanya untuk mengikuti mode yang tidak akan ada habisnya.

4. Undangan, Pernikahan, dan Acara pesta.
Kalau hal ini tidak dapat anda hindari karena berhubungan dengan masyarakat dan silaturahmi. Yang jelas anda harus mengeluarkan anggaran tambahan selain dari pada anggaran rutin. Akan tetapi sekali lagi kita dapat berfikir rasional. Memberi jangan juga terlalu berlebihan sesuaikan dengan kemampuan. Untuk undangan pernikahan misalnya, yang lebih diharapkan itu kedatangan kita bukan uangnya. Dan apabila acaranya sangat jauh dari tempat kita melewati berpuluh gunung, melintasi samudra, wqjar saja kita tidak mengikuti undangan. Kalau memang neraca keungan keluarga sedang pada titik rawan… Hehehe. Menyumbang untuk keperluan ini itu di lingkungan kita pun juga sewajarnya saja. Jangan terbawa ego kita jadi mengeluarkan lebih. Mungkin gak mau kalah sama si A jadi kita pun melipat gandakan sumbangan kita. Sudah keungan berkurang pahala pun tidak didapat malahan dosa yang didapat.

Dan lebih dari pada keempat poin diatas. Seharusnya kita melihat kebawah melihat sekitar kita karena masih bnyak orang yang susah. Tegalah anda untuk berlebih-lebihan kalau dilingkungan anda ada orang susah. Kecuali lingkungan anda lingkungan elit. Akan tetapi itu bukan suatu alasan untuk berlebih-lebihan.

LIHATLAH KEBAWAH KARENA DISANA ENGKAU AKAN MENEMUKAN LADANG UNTUK BERAMAL, JANGAN LIHAT KEATAS KARENA DITAKUTKAN AKAN MEMBAWA KITA KE PINTU DOSA.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 10, 2011 in Sharing Info

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 

۞ Melawan Sorangan ۞

♢ Berjuang untuk Mencapai Jalan yang Benar dan Terpercaya ♢

Ardiantoyugo

Night Riding Without Seeing

Potret Bikers

All about Otomotif, Photography, gadget, kuliner, & tempat wisata

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News | New Product | Racing | Review |

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Belajar - Bertakwa - Berjuang

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

Pertamax7.Com -

Otomotif | Riding | Kuliner | Dagelan | DIY | GADGET

RiderTua.Com

Old Rider Who Writes About Motorcycles

%d blogger menyukai ini: