RSS

AYO MENGENAL YAKULT DAN MEMBUAT YAKULT (SUSU FERMENTASI)

04 Jul

Bro sudah biasa minum yakult..? tahu gak yakult berasal dari mana…? mau gak membuat yakult…? oke mungkin kita bahas satu-satu dahulu bro.

SEJARAH

Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota strain. 

Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan (Sumber: www. Yakult.co.id).

Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia (Sumber: www. Yakult.co.id).

Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri yang merugikan (Sumber: www. Yakult.co.id).

Menurut Margawani (1995), Lactobacilllus casei adalah galur unggul yang mudah dan cocok untuk dikembangbiakkan dalam minuman dasar susu. Selain bakteri ini mampu bertahan dari pengaruh asam lambung, juga mampu bertahan dalam cairan empedu sehingga mampu bertahan hidup hingga usus halus.

Peranan lain terhadap kesehatan manusia adalah

  • untuk memperbaiki penyerapan kalsium pada usus,
  • melancarkan buang air besar,
  • penyerapan bahan karsinogenik,
  • membunuh bakteri patogen dan bersifat anti tumor
  • memberi efek menguntungkan pada usus halus dengan meningkatkan keseimbangan mikroorganisme dalam saluran pencernaan.

Nah kalo pembuatan yakult (susu fermentasi) skala rumahan begini nih.

PEMBUATAN YAKULT

Bahan

  • Susu skim atau Susu UHT (1000 ml)
  • Produk “yakult” (100 ml).
  • Larutan gula pasir 100 ml

Alat

  • Panci pemanas.
  • Kompor.
  • Termometer.
  • Pengaduk.
  • Botol kaca.

PROSES PEMBUATAN

Susu UHT

  1. Rebus susu skim atau susu UHT sebanyak 1 liter sampai mendidih selama 60 detik.
  2. Siapkan botol kaca, bersihkan dengan air dingin kemudian tutuplah ujung botol. Agar botol tersebut steril, maka rebuslah botol tersebut dalam air mendidih selama 60 detik.
  3. Angkatlah botol tersebut dari air panas, kemudian keringkan tanpa membuka tutup botol.
  4. Masukkan susu yang telah direbus, ke dalam botol. Biarkan hingga suhu botol dan susu tersebut kira-kira mencapai 45°C.
  5. Masukkan 200 ml yakult ke dalam 1000 ml susu.
  6. Tutup kembali botol tersebut, kemudian simpan dalam tempat tertutup dan hindari sinar matahari secara langsung.
  7. Setelah 24 jam, susu dalam botol telah berubah menjadi yakult.
  8. Tambahkan gula (kira-kira 1 sendok makan per 200 ml yakult). Yakult siap dikonsumsi.
  9. Yakult akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin atau ditambah es batu
Oke brother tertarik untuk mengkonsumsi dan membuat yakult..?
About these ads
 
24 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 4, 2011 in gizi, Kesehatan, Sharing Info

 

Tag: , ,

24 responses to “AYO MENGENAL YAKULT DAN MEMBUAT YAKULT (SUSU FERMENTASI)

  1. Anggie

    Juli 5, 2011 at 12:22 am

    Boleh dicoba tuh

     
  2. aryna

    Februari 28, 2012 at 8:40 am

    Bisa tahan berapa lama jika disimpan dalam kulkas ? Thanx

     
    • meitanteiamiterasu

      Februari 28, 2012 at 11:19 am

      wah saya belum pernah mencoba batas expired nya apa bila disimpan di kulkas….
      tapi kalau yakult yang dijual itu… setahu saya dan kalau tidak salah expirednya sekitar 2 bulanan saja… dan memang direkomendasikan disimpan di kulkas…
      semoga jawaban saya bisa membantu

       
  3. mutiara

    Agustus 1, 2012 at 2:27 pm

    uenaaaaaaaaaaknya bisa untuk buka puasa nih

     
  4. victor

    Agustus 16, 2012 at 1:00 am

    meitante, bisa minta tolong untuk diperjelas untuk komposisi susu dan larutan gulanya? untuk susu skim 1000 ml itu susu skimnya berapa gram demikian pula untuk gulanya, terimakasih banyak untuk informasinya

     
    • meitanteiamiterasu

      Maret 13, 2013 at 8:19 pm

      sebenarnya berapa susu skimnya dan berapa gulanya saya gak bisa mastikan gan… lebih baik dicoba saja sesuai selera agan… sama seperti buat agar- agar… kadang kadang kita tidak ngikutin saran penyajian tapi mengikuti selera kita… dan membuat mie rebus juga gitu… kita coba seperti berekperimen… siapa tau menemukan komposisi terbaik…

       
  5. arif risal

    September 29, 2012 at 11:42 am

    bisa nambah berat badan eg[]
    klo bisa aq pengen nyobain jg[]

     
  6. Nova Salon

    Oktober 30, 2012 at 6:48 pm

    Moga Moga jdi dah… buat yakult nih…

     
  7. makhto

    November 10, 2012 at 6:07 pm

    untuk informasinya terima kasih ya..

     
  8. fadil haidar

    November 15, 2012 at 8:09 pm

    iya

     
  9. fadil haidar

    November 15, 2012 at 8:10 pm

    enak

     
  10. Kohar

    Maret 3, 2013 at 2:34 am

    gan, susu UHT bsa diganti dengan susu sapi?

     
    • meitanteiamiterasu

      Maret 13, 2013 at 8:15 pm

      saya rasa bisa aja tuh gan… di coba saja…. setahu saya yang penting si lactobacillus itu bisa berkembang di media yang kita buat

       
  11. yumna

    Maret 22, 2013 at 6:19 am

    meitante..botol kaca apa bisa dganti botol bukan kaca yg bersih n steril? Thanks infonya..

     
    • meitanteiamiterasu

      Maret 22, 2013 at 6:41 am

      bisa saja sih gan…. tapi bagusan botol kaca sihh…. atau paling tidak botol seperti tupperware…. jangan yang botol botol bekas minuman…

       
  12. yuridi

    Agustus 25, 2013 at 10:19 pm

    terima kasih infonya

     
  13. farry

    Maret 28, 2014 at 11:01 am

    kalo yakultnya udah jadi, susunya bakal misah gitu ya?

     
  14. wan

    Mei 6, 2014 at 7:39 pm

    Tutup kembali botol tersebut, kemudian simpan dalam tempat tertutup dan hindari sinar matahari secara langsung.

    itu masukin kulkas? kalau ga dikulkas basi dong susunya?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Potret Bikers.com

Segala sesuatu tentang Otomotif, Photography, gadget, kuliner, dan tempat wisata.

Iwanbanaran.com | All About Motorcycles

Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

tmcblog.com

Motorcycle News

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Yang Lain

Meitantei Amiterasu

I want to share to the world, what's on my mind

Azizyhoree's Blog

Warung DOHC site, a place for share knowledge all about engines that you know!

Edo Rusyanto's Traffic

Edo Rusyanto's Traffic

PERTAMAX7.com

PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^|Berita Otomotif|Test Ride|Review|Kuliner|Riding|Dagelan

ridertua - Motorcycle Blog

All about motorcycle,discussion,biker lifestyle,personal experience.....never too late for bikers...

Sutiyocahjowo's Blog

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: